alexametrics

Senat AS Tolak Keadaan Darurat Nasional, Trump: Veto!

loading...
Senat AS Tolak Keadaan Darurat Nasional, Trump: Veto!
Presiden AS Donald Trump. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Senat Amerika Serikat (AS) akhirnya meloloskan resolusi untuk mengakhiri deklarasi darurat nasional Presiden Donald Trump di perbatasan selatan negara itu. Trump pun bereaksi dengan menyatakan akan memveto keputusan tersebut.

"Veto," cuit Trump sesaat setelah Senat AS sepakat untuk mengakhiri keadaan darurat nasional melalui voting seperti dilansir dari Reuters, Jumat (15/3/2019).

Dalam cuitannya, Trump mengatakan bahwa dukungan suara yang diberikan oleh senator Republik untuk resolusi Ketua DPR Partai Demokrat Nancy Pelosi adalah sebuah kejahatan dan mendukung kebijakan membuka perbatasan Partai Demokrat.



Selama dua tahun masa jabatannya, Kongres yang dipimpin oleh Partai Republik sebagian besar mengakomodasi Trump yang belum pernah menggunakan hak vetonya.

Trump mendeklarasikan keadaan darurat nasional pada 15 Februari lalu guna mewujudkan keinginannya untuk membangun tembok perbatasan. Dengan deklarasi darurat, Trump mencari cara alternatif untuk mendapatkan dana miliaran dolar untuk pembangunan tembok di perbatasan setelah Kongres menolak untuk memberikan dana.

Trump membutuhkan dana miliaran dolar untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, tetapi Kongres menolak untuk menyediakan sepenuhnya. Kebuntuan menyebabkan penutupan sebagian pemerintah AS selama 35 hari yang berakhir pada bulan Januari lalu.

Pembangunan tembok perbatasan menjadi kunci kampanye Trump dalam pemilu presiden pada 2016 lalu. Kala itu, Trump mengatakan Meksiko akan membayarnya. Namun pada kenyataannya, Meksiko menolaknya.

Lewat voting, Senat AS meloloskan resolusi untuk mengakhiri keadaan darurat nasional dengan suara 59-41. Dalam prosesnya, keputusan ini ditandai dengan pembelotan 12 anggota Partai Republik.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak