Bom GBU-39 Buatan Boeing Digunakan dalam Serangan di Kamp Tenda Rafah

Rabu, 29 Mei 2024 - 15:04 WIB
loading...
Bom GBU-39 Buatan Boeing Digunakan dalam Serangan di Kamp Tenda Rafah
Bom GBU-39 buatan Boeing AS digunakan dalam serangan di kamp tenda Rafah. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Amunisi yang dibuat di Amerika Serikat digunakan dalam serangan mematikan Israel di kamp pengungsi di Rafah pada Minggu lalu. Itu berdasarkan analisis CNN terhadap video dari tempat kejadian dan tinjauan oleh para ahli senjata peledak.

Setidaknya 45 orang tewas dan lebih dari 200 lainnya terluka setelah kebakaran terjadi menyusul serangan militer Israel di pinggiran kota paling selatan Gaza, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Gaza dan petugas medis Palestina.

Rekaman yang diperoleh CNN menunjukkan sebagian besar kamp di Rafah terbakar, dengan sejumlah pria, wanita dan anak-anak dengan panik berusaha mencari perlindungan dari serangan malam hari tersebut. Mayat yang terbakar, termasuk anak-anak, terlihat ditarik oleh tim penyelamat dari reruntuhan.

Meningkatnya serangan Israel di Rafah – tempat sekitar 1,3 juta warga Palestina berlindung sebelum Israel memulai operasinya di sana – telah menuai kecaman internasional, dimana badan-badan PBB, kelompok bantuan dan berbagai negara menyerukan Israel untuk segera menghentikan serangannya.

Tank-tank Israel terlihat maju lebih jauh ke Rafah pada hari Selasa untuk pertama kalinya dalam perang tujuh bulan Israel melawan Hamas, menandakan fase baru yang terus dilakukan Israel dengan serangan kontroversial dan destruktifnya.

Namun, Presiden AS Joe Biden tidak mengubah kebijakannya terhadap Israel, dan menyatakan bahwa serangan mematikan di Rafah belum melewati garis merah yang akan memaksa perubahan dalam dukungan Amerika, meskipun dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNN awal bulan ini bahwa dia tidak akan mengizinkan tindakan tertentu. Senjata AS akan digunakan dalam serangan besar di Rafah.

Video geolokasi CNN menunjukkan tenda-tenda terbakar setelah serangan terhadap kamp pengungsi internal yang dikenal sebagai “Kamp Perdamaian Kuwait 1.”


GBU-39 Memiliki Presisi

Bom GBU-39 Buatan Boeing Digunakan dalam Serangan di Kamp Tenda Rafah

Foto/AP

Dalam video yang dibagikan di media sosial, CNN melakukan geolokasi ke tempat kejadian yang sama dengan mencocokkan detail termasuk tanda pintu masuk kamp dan ubin di tanah, ekor bom berdiameter kecil (SDB) GBU-39 buatan AS terlihat, menurut empat ahli senjata peledak yang mengulas video tersebut untuk CNN.

"GBU-39, yang diproduksi oleh Boeing, adalah amunisi berpresisi tinggi yang dirancang untuk menyerang sasaran-sasaran penting yang strategis, dan menghasilkan kerusakan tambahan yang rendah," kata pakar senjata peledak Chris Cobb-Smith kepada CNN. "Namun, menggunakan amunisi apa pun, bahkan sebesar ini, akan selalu menimbulkan risiko di daerah padat penduduk,” kata Cobb-Smith, yang juga mantan perwira artileri Angkatan Darat Inggris.

GBU-39 Memiliki Penggerak Ekor

Bom GBU-39 Buatan Boeing Digunakan dalam Serangan di Kamp Tenda Rafah

Foto/AP
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)
pixels