Hamil karena Diperkosa, Gadis 10 Tahun di Brazil Didemo Kelompok Agama

Kamis, 20 Agustus 2020 - 00:05 WIB
loading...
Hamil karena Diperkosa, Gadis 10 Tahun di Brazil Didemo Kelompok Agama
Para aktivis kelompok pro-pilihan pasang badan membela gadis 10 tahun yang hamil karena diperkosa pamannya. Dia dilindungi dari demonstran kelompok agama yang menentang aborsi. Foto/Newsflash
A A A
SAO MATEUS - Seorang gadis berusia 10 tahun di Brazil hamil setelah diperkosa oleh pamannya. Gadis cilik ini juga jadi sasaran kecaman para demonstran kelompok agama yang ingin mencegahnya melakukan aborsi di rumah sakit.

Aksi demonstran itu memaksa polisi militer turun tangan untuk melindungi korban pemekorsaan tersebut. Dia berada di rumah sakit untuk dirawat sekaligus berlindung.

Informasi pribadi dan keberadaan gadis itu dilaporkan bocor secara online setelah dia dilaporkan melakukan aborsi di negara bagian timur Espirito Santo. (Baca: Mirip Kasus Nirbhaya, Gadis 12 Tahun Diperkosa dan Ditusuk Berkali-kali )

Surat kabar nasional, G1, melaporkan gadis asal Sao Mateus ini ditemukan hamil setelah dia datang ke rumah sakit karena mengeluh sakit perut.

Dia mengatakan kepada petugas medis bahwa pamannya telah memerkosanya sejak usia enam tahun dan dia tidak pernah melaporkannya karena sang paman mengancamnya.

Pamannya, seorang pria berusia 33 tahun yang tidak disebutkan namanya, telah ditangkap dan didakwa karena pemerkosaan.

Gadis itu terpaksa melakukan perjalanan ke rumah sakit lebih dari 900 mil dari rumahnya setelah fasilitas kesehatan di wilayahnya sendiri menolak untuk merawatnya, di tengah pertempuran hukum yang sangat politis yang telah menyebabkan kemarahan luas di Brazil.

Pengunjuk rasa sayap kanan kelompok agama berkumpul di rumah sakit ketika gadisitu dijadwalkan untuk tiba pada hari Minggu. Mereka tereka melontarkan pelecehan ke staf rumah sakit dan taksi gadis itu disembunyikan ketika mereka mencoba masuk.

Beberapa pengunjuk rasa bahkan dilaporkan berusaha masuk ke rumah sakit di Pernambuco untuk mencoba mencegah prosedur operasi berjalan.

Menurut G1, para pengunjuk rasa ditarik ke rumah sakit setelah aktivis anti-aborsi sayap kanan Sara Giromini mem-posting nama gadis itu dan lokasi rumah sakit dalam video media sosial. (Baca: Viral, Orang-orang Transgender Diperkosa Geng Pria dengan Todongan Senjata )

Menurut The Guardianpada Rabu (19/8/2020), video yang dihapus sejak itu menunjukkan Giromini secara palsu mengklaim gadis itu diculik dan diterbangkan karena pemutusan hubungan kerja dengan jet pribadi, dan memegang boneka plastik yang dia klaim sebagai ukuran janin saat dia berkata; "Ini adalah sebuah pelanggaran hak asasi manusia yang sangat serius!"

Giromini bekerja untuk Menteri Wanita, Keluarga, dan Hak Asasi Manusia Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dan merupakan pendeta evangelis konservatif Damares Alves.

Menurut laporan BBC, dia adalah pemimpin gerakan "Os 300 do Brazil", kelompok bersenjata sayap kanan ekstrem yang mendukung Bolsonaro.

Aktivis pro-pilihan berbondong-bondong ke rumah sakit pada hari Minggu untuk membela gadis itu dan memastikan perjalanannya aman di tengah protes yang riuh.

Paula Viana, yang mengantar anak itu dari bandara Recife ke rumah sakit, mengatakan kepada The Guardian bahwa dia menghentikan taksi dalam perjalanan dari bandara, menyembunyikan gadis kecil itu di bagasi, dan menyelundupkannya ke rumah sakit melalui pintu samping saat pengunjuk rasa berdemonstrasi di luar.

“Sungguh luar biasa hal ini terjadi di Brazil , bahwa sebagian penduduk benar-benar percaya bahwa aborsi lebih buruk daripada pemerkosaan,” kata Viana, yang bekerja dengan kelompok hak perempuan Curumim.

“Tapi kami tidak terkejut karena kami tahu kami memiliki presiden yang mendukung pertunjukan kebencian ini.”

Para pengunjuk rasa dilaporkan berusaha mencegah direktur rumah sakit memasuki gedung dan mencoba masuk ke dalam, sampai Polisi Militer dipanggil untuk menjaga unit tersebut.

Viana menambahkan bahwa gadis muda itu sangat ingin kembali bermain sepak bola. “Dia sangat kuat—tapi dia masih anak-anak… Dia akan membutuhkan dukungan psikologis jangka panjang. Dia mengerti semua yang dia alami. "

Dalam catatannya, Facebook mengatakan; "Video yang dipermasalahkan telah dihapus karena melanggar kebijakan kami dengan mempromosikan potensi bahaya bagi orang-orang di dunia offline secara terkoordinasi."

Menurut manajemen rumah sakit, gadis itu pulih dengan baik setelah menjalani prosedur tersebut.

Departemen Kesehatan Pernambuco menyatakan bahwa prosedur tersebut dilakukan dengan otorisasi yudisial dan bahwa "semua parameter hukum diikuti dengan ketat".

Kantor Kejaksaan Anak dan Remaja Sao Mateus sedang menyelidiki apakah kelompok agama mencoba menekan keluarga gadis itu untuk tidak melakukan aborsi, karena pihak berwenang menganalisis rekaman audio yang dikirimkan kepada mereka.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)