2 Negara Sekutu Israel Ini Minta Implementasi Keputusan ICJ

Sabtu, 25 Mei 2024 - 22:55 WIB
loading...
2 Negara Sekutu Israel Ini Minta Implementasi Keputusan ICJ
Sekutu Israel justru meminta implementasi keputusan ICJ. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Belgia dan Spanyol sebagai negara menjadi aliansi Israel justru meminta Tel Aviv untuk mengimplementasikan keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) agar menghentikan serangan ke Rafah.

Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib menyerukan implementasi keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkan Israel segera menghentikan operasi militernya di kota Rafah, selatan Jalur Gaza.

Dalam postingan di akun X-nya pada hari Jumat, Lahbib menulis: “@CIJ_ICJ memerintahkan Israel untuk menghentikan serangan militernya di Rafah. ???????? menyerukan implementasi segera dari keputusan tersebut.

Kekerasan dan penderitaan manusia di Gaza harus dihentikan. Kami menyerukan gencatan senjata, pembebasan sandera dan negosiasi bagi kedua negara.”

Sebelumnya pada hari Jumat, Presiden ICJ Nawaf Salam memerintahkan Israel untuk: “Segera menghentikan serangan militernya, dan tindakan lainnya di Kegubernuran Rafah, yang dapat menimbulkan kondisi kehidupan kelompok Palestina di Gaza yang dapat menyebabkan kehancuran fisik di Gaza. seluruhnya atau sebagian.”

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sidang yang digelar ICJ untuk mengumumkan keputusannya terkait permintaan Afrika Selatan untuk mengeluarkan perintah menghentikan perang Israel di Jalur Gaza.

Ketua pengadilan mencatat bahwa keputusan tersebut terdiri dari tiga poin, yaitu Israel menghentikan operasi militernya di Rafah, mempertahankan pembukaan penyeberangan Rafah untuk memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza dan menyampaikan laporan ke pengadilan. dalam waktu satu bulan mengenai langkah-langkah yang akan diambil.

Perang di Gaza menyebabkan lebih dari 116.000 warga Palestina tewas dan terluka, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan sekitar 10.000 orang hilang di tengah kehancuran besar-besaran dan kelaparan yang merenggut nyawa anak-anak dan orang tua.

Israel terus melanjutkan perang meskipun ICJ berniat mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant atas keterlibatan mereka dalam kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, meskipun telah dikeluarkan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk segera menghentikan kejahatan tersebut. berkelahi.

Sementara itu, Pemerintah Spanyol juga menuntut agar Israel mematuhi perintah pengadilan tinggi PBB untuk segera menghentikan pemboman dan serangan darat terhadap kota Rafah di Gaza.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)
pixels