Presiden Kolombia Perintahkan Pembukaan Kedutaan Besar di Wilayah Palestina

Kamis, 23 Mei 2024 - 16:30 WIB
loading...
Presiden Kolombia Perintahkan Pembukaan Kedutaan Besar di Wilayah Palestina
Presiden Kolombia Gustavo Petro. Foto/REUTERS
A A A
BOGOTA - Presiden Kolombia Gustavo Petro memerintahkan pembukaan kedutaan besar (kedubes) di kota Ramallah, Palestina.

Langkah itu diumumkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kolombia Luis Gilberto Murillo kepada wartawan pada Kamis (23/5/2024) menurut Reuters.

“Presiden Petro telah memberikan perintah agar kami membuka kedutaan Kolombia di Ramallah, perwakilan Kolombia di Ramallah, itu adalah langkah selanjutnya yang akan kami ambil,” ungkap Murillo.

Murillo yakin akan lebih banyak negara yang segera mendukung pengakuan negara Palestina di hadapan PBB, upaya yang telah didukung Kolombia.

Pada awal bulan ini, Petro, yang telah memanggil kembali duta besar Kolombia dari Tel Aviv dengan alasan “pembantaian” Israel terhadap warga Palestina, mengatakan dia akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel atas tindakannya di Gaza.

Kedutaan Besar Kolombia di Tel Aviv telah ditutup pada 3 Mei 2024. Langkah ini menjadi kekalahan diplomatik bagi Israel.

Petro telah mengkritik keras Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan meminta bergabung dalam kasus Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ).

Ramallah, di Tepi Barat, berfungsi sebagai ibu kota administratif Otoritas Palestina.



Pada tanggal 10 Mei 2024, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa sangat mendukung upaya Palestina menjadi anggota penuh PBB dengan mengakui Palestina memenuhi syarat untuk bergabung dan merekomendasikan Dewan Keamanan PBB “mempertimbangkan kembali masalah ini dengan baik.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)
pixels