7 Pemimpin Dunia yang Meninggal dalam Kecelakaan Misterius

Kamis, 23 Mei 2024 - 14:34 WIB
loading...
7 Pemimpin Dunia yang Meninggal dalam Kecelakaan Misterius
Sebanyak 7 pemimpin dunia meninggal dalam kecelakaan misterius. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Kecelakaan helikopter yang dialami Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam cuaca berkabut di daerah pegunungan merupakan kejutan bagi wilayah tersebut, karena presiden seharusnya memiliki akses terhadap helikopter terbaik di armada negaranya, serta pilot dan kru pemeliharaan terbaik.

Presiden diperkirakan tidak akan hilang atau terlibat dalam kecelakaan. Namun, secara historis, sejumlah pemimpin politik dan militer penting mengalami kehancuran. Beberapa dari kecelakaan ini telah memunculkan teori konspirasi tentang penyebab kecelakaan itu terjadi.

Dalam kebanyakan kasus, kecelakaan helikopter dan pesawat disebabkan oleh malfungsi, kesalahan pilot, atau cuaca buruk.

7Pemimpin Dunia yang Meninggal dalam Kecelakaan yang Misterius

1. Sekretaris Jenderal PBB Dag Hammarskjold

7 Pemimpin Dunia yang Meninggal dalam Kecelakaan Misterius

Foto/Reuters

Sekretaris Jenderal PBB Dag Hammarskjöld, seorang diplomat terkenal Swedia, tewas dalam kecelakaan pesawat penumpang DC-6 pada 18 September 1961.

Pesawat itu dijalankan oleh Transair Swedia dan digunakan oleh PBB. Itu jatuh di Zambia. Enam belas orang tewas dalam kecelakaan itu. Hammarskjöld terlibat dalam pembicaraan sensitif tentang perang di Kongo.

Dia seharusnya akan melakukan pembicaraan gencatan senjata terkait perang di Katanga, sebuah provinsi di Kongo. Investigasi tidak menemukan bukti bahwa pesawat tersebut telah dirusak dan diasumsikan jatuh karena terbang terlalu rendah.

Meski demikian, kecelakaan itu memicu berbagai konspirasi, dan ketua PBB dibunuh.

2. Wakil Ketua Komunis China Lin Biao

7 Pemimpin Dunia yang Meninggal dalam Kecelakaan Misterius

Foto/Reuters

Melansir Jerusalem Post, pada tahun 1971, Wakil Ketua Partai Komunis China Lin Biao tewas dalam kecelakaan pesawat. Seorang komandan terkenal pada masa kebangkitan partai komunis dan pertempurannya melawan Jepang dan Nasionalis di Tiongkok.

Belakangan, dia naik ke tampuk kekuasaan di dalam partai. Namun, seperti yang dijelaskan CNN dalam sebuah artikel tentang Lin, “walaupun Lin mungkin telah memenangkan semua keterlibatan militernya, sebuah pertempuran jenis lain akhirnya mengalahkannya, sebuah pertempuran politik di lingkaran dalam Partai Komunis.

Lin menghilang pada tahun 1971. Penjelasan resmi China tetap menyatakan bahwa dia meninggal dalam kecelakaan pesawat di Mongolia setelah rencananya untuk membunuh Ketua Mao gagal.” Masih belum diketahui apa yang terjadi selama penerbangan dan bagaimana dia dibunuh.

3. Pemimpin Panama Omar Torrijos

Melansir Jerusalem Post, Presiden Panama Omar Torrijos tewas pada tanggal 31 Juli 1981, ketika pesawatnya jatuh di dekat Penonome, Panama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)
pixels