Pemimpin Korut Kim Jong-un Sudah Tiba di Vietnam dengan Kereta

Selasa, 26 Februari 2019 - 09:18 WIB
Pemimpin Korut Kim Jong-un Sudah Tiba di Vietnam dengan Kereta
Pemimpin Korut Kim Jong-un Sudah Tiba di Vietnam dengan Kereta
A A A
HANOI - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan sudah tiba di Vietnam pada hari Selasa (26/2/2019) untuk melakukan pertemuan puncak (KTT) denuklirisasi jilid kedua dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump.

Mengutip Reuters, pemimpin Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) itu tiba dengan kereta api lapis baja di sebuah stasiun di kota Dong Dang, Vietnam setelah melintasi perbatasan China.

Kim Jong-un diperkirakan akan pergi ke Hanoi dengan mobil, di mana ia akan melakukan kunjungan kenegaraan dan bertemu dengan Donald Trump pada hari Rabu dan Kamis.

Sebelumnya, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa kereta yang membawa pemimpin DPRK Kim Jong-un meninggalkan Pyongyang ke Vietnam pada Sabtu sore.

Kim didampingi oleh Wakil Ketua Komite Pusat Partai Buruh Korea Utara Kim Yong Chol, yang bertanggung jawab atas pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat; Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho; Direktur Departemen Hubungan Internasional Majelis Rakyat Tertinggi, Ri Su Yong; dan Menteri Pertahanan No Kwang Chol. Adik Kim Jong-un, Kim Yo Jong, juga berada di antara anggota delegasi Korut.

KTT denuklirisasi semenanjung Korea antara AS-Korea Utara pertama digelar di Singapura Juni lalu. KTT jilid pertama menghasilkan kesepakatan yang menetapkan bahwa Pyongyang akan melakukan upaya untuk mempromosikan denuklirisasi lengkap semenanjung Korea dengan imbalan pembekuan latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Pyongyang mengharapkan Washington untuk memenuhi komitmennya dan melonggarkan tekanan sanksi terhadap Korea Utara. Namun, pemerintah AS menuntut langkah-langkah baru Korea Utara untuk perlucutan senjata nuklirnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4314 seconds (0.1#10.140)