alexametrics

Kapal Perang Spanyol Coba Usir Kapal Gibraltar dari Perairan Inggris

loading...
Kapal Perang Spanyol Coba Usir Kapal Gibraltar dari Perairan Inggris
Sebuah kapal perang Spanyol mencoba mengusir kapal-kapal komersial Gibraltar di Perairan Inggris, Minggu (17/2/2019). Foto/Pemerintah Gibraltar/PA
A+ A-
LONDON - Sebuah kapal perang Spanyol telah memerintahkan kapal-kapal komersial untuk meninggalkan perairan Inggris. Angkatan Laut Kerajaan Inggris pun mengirim sekitar tiga kapal perang untuk mengatasi ketegangan tersebut.

Pemerintah Gibraltar telah mengonfirmasi upaya pengusiran kapal-kapal komersial itu oleh kapal perang Spanyol.

Dalam rekaman audio, awak kapal perang Spanyol pada hari Minggu mengatakan kapal-kapal komersial yang berlabuh di Rock agar meninggalkan perairan yang ia klaim sebagai wilayah Spanyol.



Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan kapal-kapal komersial yang telah diberitahu untuk pergi diperintahkan untuk tetap berada di wilayah Otoritas Pelabuhan Gibraltar. Kementerian itu menyebut upaya pengusiran oleh kapal perang Spanyol sebagai tindakan "bodoh"

"Hanya ada nilai gangguan pada permainan konyol ini yang dimainkan oleh mereka yang tidak menerima kedaulatan Inggris yang tidak dapat disangkal atas perairan di sekitar Gibraltar sebagaimana diakui oleh seluruh dunia dalam konvensi PBB tentang hukum laut," kata juru bicara kementerian itu, seperti dikutip The Guardian, Senin (18/2/2019).

"Tampaknya masih ada beberapa di Angkatan Laut Spanyol yang berpikir mereka dapat mengabaikan hukum internasional," lanjut dia.

Pemerintah Gibraltar menuduh kapal Spanyol berusaha mengambil "tindakan eksekutif" terhadap kapal-kapal komersial.

Seorang anggota kru kapal terdengar dalam rekaman audio meminta kapal Spanyol untuk memverifikasi perintah pengusiran itu kapal komersial tersebut berlabuh di Gibraltar. "Kami tidak terapung - kami berada di jangkar sekarang," katanya, sebelum diberitahu lagi untuk meninggalkan perairan Spanyol.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Gibraltar mengatakan; “Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengerahkan kapal dan perahu karet ke lokasi kejadian. Setelah ditantang oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris, kapal perang Spanyol berlayar perlahan di sepanjang pantai Gibraltar dengan senjatanya terbuka dan diawaki."

"Pemerintah Gibraltar sedang memverifikasi setiap aspek dari insiden itu untuk memastikan bahwa tindakan yang tepat diambil sesegera mungkin," lanjut pernyataan pemerintah.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak