Assad: AS Tidak Akan Lindungi Siapapun di Suriah

Senin, 18 Februari 2019 - 03:05 WIB
Assad: AS Tidak Akan Lindungi Siapapun di Suriah
Assad: AS Tidak Akan Lindungi Siapapun di Suriah
A A A
DAMASKUS - Presiden Suriah, Bashar al-Assad memperingatkan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak akan melindungi mereka yang bergantung padanya. Peringatan ini mengacu pada pasukan Kurdi yang menguasai sebagian besar wilayah utara Suriah.

"Kami mengatakan kepada kelompok-kelompok yang bertaruh pada Amerika, Amerika tidak akan melindungi Anda. Orang Amerika akan memasukkan kalian ke dalam saku mereka, sehingga Anda bisa menjadi alat dalam barter, dan mereka sudah mulai dengan itu," kata Assad.

"Tidak ada yang akan melindungi Anda kecuali negara Anda. Jika Anda tidak mempersiapkan diri untuk membela negara Anda, Anda akan menjadi budak (Turki)," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (18/2).

Seperti diketahui, pasukan AS telah lama memasok senjata dan pelatihan kepada Pasukan Demokrat Suriah (SDF), yang dipimpin oleh milisi YPG Kurdi, mitra utama AS dalam pertempuran melawan ISIS. Kehadiran AS membantu SDF merebut wilayah di Suriah utara dan timur.

Namun, pasukan Kurdi Suriah mulai merasa khawatir dengan nasib mereka, setelah AS memutuskan untuk menarik mundur semua pasukan mereka yang berada di Suriah.

Langkah AS itu mendorong para pemimpin Kurdi Suriah ke perundingan baru dengan Damaskus dan sekutu utamanya Moskow, berharap untuk menyetujui kesepakatan yang dapat melindungi wilayah SDF dan melindungi setidaknya sebagian dari keuntungan mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4392 seconds (0.1#10.140)