Trump Deklarasikan Keadaan Darurat Nasional

Sabtu, 16 Februari 2019 - 07:56 WIB
Trump Deklarasikan Keadaan Darurat Nasional
Trump Deklarasikan Keadaan Darurat Nasional
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan keadaan darurat nasional dalam upaya mendanai pembangunan tembok di perbatsan Meksiko yang dijanjikannya tanpa persetujuan kongres.

"Kita akan menghadapi krisis keamanan nasional di perbatasan selatan kita dengan satu dan lain cara, kita harus melakukannya," kata Trump di Rose Garden seperti dilansir dari Fox News, Sabtu (16/2/2019).

Trump, di Rose Garden, sekali lagi menyatakan bahwa tembok bekerja ketika ia mengkonfirmasi deklarasi darurat akan menyertai legislasi pengeluaran.

"Kami berbicara tentang invasi ke negara kami," kata Trump.

Trump tidak menampik jika langkahnya akan mendapatkan perlawanan hukum yang berakhir di Mahkamah Agung.

"Kami akan memiliki keadaan darurat nasional, dan kami kemudian akan digugat," kata Trump, seraya menambahkan bahwa pengadilan banding federal dapat dengan baik menghasilkan putusan yang menggugurkan keputusannya.

"Lalu kita akan berakhir di Mahkamah Agung, dan mudah-mudahan kita akan mendapatkan goyangan yang adil, dan kita akan menang di Mahkamah Agung - sama seperti larangan (perjalanan)," imbuhnya.

Sebelumnya, Trump telah menandatangani RUU pendanaan pemerintah yang didalamnya mencakup keamanan perbatasan.

Seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan kepada Fox News bahwa Gedung Putih berencana untuk memindahkan dana USD8 miliar yang saat ini disesuaikan atau tersedia untuk pembangunan tembok. Dari jumlah itu, USD3 miliar dapat dialihkan dengan bantuan dari deklarasi darurat.

Uang itu termasuk sekitar USD600 juta dari dana tebusan Departemen Keuangan. Uang itu telah digambarkan sebagai "uang mudah" yang dapat digunakan Gedung Putih sesuai keinginannya. Gedung Putih juga diperkirakan akan menggunakan uang larangan obat dari Departemen Pertahanan.

Tetapi dengan menyatakan keadaan darurat, Trump juga akan berusaha untuk membuka uang dari anggaran konstruksi militer Departemen Pertahanan, hingga USD3,5 miliar.

Namun, mengalihkan pendanaan Pentagon diramalkan akan memicu perlawanan hukum dan telah memicu perlawanan sengit dari Demokrat di Kongres.

"Ini jelas merupakan perebutan kekuasaan oleh Presiden yang kecewa, yang telah pergi ke luar batas hukum untuk mencoba mendapatkan apa yang gagal dia capai dalam proses legislatif konstitusional," Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Tindakan Presiden jelas-jelas melanggar kekuatan eksklusif dompet Kongres, yang diabadikan oleh Pendiri kami dalam Konstitusi," imbuh mereka.

Mereka bersumpah Kongres akan membela otoritas konstitusional, di Pengadilan, dan di depan umum, menggunakan setiap "obat" yang tersedia.

"Pernyataan Presiden mengenai darurat nasional akan merupakan penyalahgunaan sumpah konstitusionalnya dan penghinaan terhadap pemisahan kekuasaan. Kongres memiliki kekuasaan eksklusif atas dompet, dan Konstitusi secara khusus melarang Presiden untuk membelanjakan uang yang belum disesuaikan," ujar Ketua Komite Kehakiman DPR Jerrold Nadler dalam sebuah pernyataan.

"Ini adalah penyalahgunaan kekuasaan yang sangat besar yang tidak dapat ditoleransi," tukasnya.

Keputusan Trump untuk mendeklarasikan keadaan darurat nasional terjadi setelah peninjauan paket belanja. Paket kompromi, yang dinegosiasikan selama berminggu-minggu dalam konferensi komite bipartisan, disahkan baik DPR dan Senat pada hari Kamis. Namun kesepakatan itu hanya akan memberikan sebagian kecil dari angka Trump yang awalnya diusulkan sebesar $5,7 miliar untuk keamanan perbatasan dan pembangunan tembok atau penghalang fisik di sepanjang perbatasan selatan.

RUU itu juga memberlakukan sejumlah pembatasan pada Gedung Putih, dengan bahasa legislatif mencegah pemerintah dari pendanaan bergerak untuk mendapatkan penghalang atau dinding - sebuah faktor yang mungkin telah berkontribusi pada keputusan Trump mendeklarasikan keadaan darurat.

Paket itu, sebagaimana adanya, cukup untuk membangun penghalang hanya 55 mil. Dan terutama, kata "tembok" tidak muncul sekali dalam 1.768 halaman undang-undang dan materi penjelasan.

Trump, bagaimanapun, selama berminggu-minggu telah mengatakan akan mengambil keputusan eksekutif untuk mengalihkan uang dari program lain untuk pembangunan tembok perbatasan, tanpa persetujuan Kongres, terlepas dari kritiknya terhadap mantan Presiden Barack Obama karena menggunakan tindakan eksekutif.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3554 seconds (0.1#10.140)