Jelang Invasi Darat ke Rafah, Militer Israel Imbau Warga Mengungsi ke al-Mawasi

Senin, 06 Mei 2024 - 15:30 WIB
loading...
Jelang Invasi Darat ke Rafah, Militer Israel Imbau Warga Mengungsi ke al-Mawasi
Tentara Israel segera menginvasi Rafah. Foto/AP
A A A
GAZA - Militer Israel mulai menyebarkan selebaran merah di wilayah timur Rafah, yang meminta warga Palestina untuk mengungsi ke al-Mawasi, dengan mengklaim bahwa pengungsian tersebut bersifat “sementara”.

Selebaran tersebut menyatakan: “Kepada semua warga dan mereka yang saat ini berlindung di Kamp Rafah, Kamp Brazil dan lingkungan Al-Shabura dan Al-Zohour. Tetap berada di area ini membahayakan nyawa Anda.”

Selebaran tersebut juga memperingatkan bahwa militer Israel “akan beroperasi dengan kekuatan melawan organisasi teror di wilayah tempat Anda tinggal saat ini”, dan menambahkan bahwa siapa pun di wilayah tersebut akan membahayakan diri mereka sendiri dan anggota keluarga mereka.

Militer Israel secara teratur menyebarkan selebaran di Jalur Gaza yang memperingatkan akan terjadinya serangan dan informasi tentang apa yang disebut zona aman. Namun, tindakan mereka di lapangan sering kali bertentangan dengan informasi yang diberikan.

Pada bulan Desember, warga Palestina di Gaza, dengan listrik dan internet yang terbatas, tidak dapat mengakses rincian evakuasi yang tersedia melalui kode QR pada selebaran yang dijatuhkan oleh tentara Israel.



Sementara itu, Juru bicara Dewan Pengungsi Norwegia mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kondisi di al-Mawasi “sangat tidak memadai”.

“Negara ini tidak memiliki infrastruktur dasar untuk melayani dan mendukung populasi pengungsi saat ini, apalagi kelompok pengungsi tambahan yang pindah ke sana,” kata Hadid.

Dia menambahkan bahwa lebih dari satu juta orang kini harus menghadapi pengungsian dan kematian lebih lanjut.

“Kami telah memperingatkan bahwa serangan militer di Rafah akan menyebabkan kekejaman massal, dan akan menyebabkan kematian massal warga sipil,” kata Hadid, seraya menyerukan kepada komunitas internasional dan sekutu Israel “untuk menghentikan hal ini”.

“Saat ini, kami membutuhkan setiap sekutu pemerintah Israel, termasuk pemerintah AS, untuk meningkatkan tekanannya, menghentikan penjualan senjata, memberikan tekanan pada Israel untuk menghentikan serangan yang akan menyebabkan kekejaman massal.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)