Bahas KTT Trump-Jong-un Jilid II, Pompeo-Utusan Korut Bertemu

Sabtu, 19 Januari 2019 - 00:52 WIB
Bahas KTT Trump-Jong-un Jilid II, Pompeo-Utusan Korut Bertemu
Bahas KTT Trump-Jong-un Jilid II, Pompeo-Utusan Korut Bertemu
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo akan bertemu dengan mantan kepala intelijen Korea Utara (Korut) Kim Yong-chol. Keduanya akan menggelar pembicaraan untuk menyelesaikan rencana pertemuan puncak kedua antara Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan pertemuan yang terjadi pada larut malam tersebut. Seorang pejabat bahkan mengindikasikan kemungkinan pertemuan itu akan diikuti oleh kunjungan Kim Yong-chol ke Gedung Putih, di mana ia dapat bertemu dengan Trump. Pejabat tersebut tidak berwenang untuk membahas masalah ini di depan umum dan berbicara dengan syarat anonim seperti dikutip dari AP, Sabtu (19/1/2019).

Seorang pejabat Gedung Putih, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa kedua belah pihak bekerja untuk membuat kemajuan pada tujuan denuklirisasi dan Trump berharap untuk bertemu Ketua Kim lagi pada pertemuan puncak kedua mereka di suatu tempat dan waktu yang belum ditentukan.

Sementara itu, juga terjadi pembicaraan di Stockholm termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Korut Choe Son-hui, kata jurubicara Kementerian Luar Negeri Swedia Diana Kudhaib, yang menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut. Kantor berita Swedia TT mengatakan juga hadir adalah utusan khusus AS untuk Korut Stephen Biegun dan Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom, yang berpengaruh dalam mengamankan KTT Trump-Jong-un pertama.

Swedia telah memiliki hubungan diplomatik dengan Pyongyang sejak 1973 dan merupakan salah satu dari sedikit negara Barat yang mempunyai kedutaan di sana. Kedutaan ini menyediakan layanan konsuler untuk AS. Pada bulan Maret, Wallstrom mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Korut, Ri Yong-ho, di Stockholm, yang berujung pada pertemuan antara Trump dan Kim pada bulan Juni di Singapura.

Trump telah beberapa kali berbicara tentang pertemuan puncak kedua dengan Kim awal tahun ini dan telah berbalasa surat dengan Korut meskipun kemajuan nyata dari perjanjian denuklirisasi yang dicapai pada pertemuan mereka sedikit samar-samar. Sejak itu, beberapa analis swasta telah menerbitkan laporan yang merinci kelanjutan pengembangan teknologi nuklir dan rudal Korut.

Pada konferensi diplomat AS di Departemen Luar Negeri pada hari Rabu, Wakil Presiden Mike Pence mengakui kurangnya kemajuan. Dia menyebut dialog Trump-Kim "menjanjikan" tetapi menekankan bahwa masih menunggu langkah konkret Korut untuk membongkar senjata nuklir yang mengancam rakyat dan sekutu AS di kawasan Asia.

Pertemuan yang direncanakan antara Pompeo dan Kim Yong-chol di New York pada November lalu dibatalkan tiba-tiba. Para pejabat AS mengatakan pada saat itu bahwa Korut telah membatalkannya.

Pembicaraan ini telah menghentikan penolakan Korut untuk memberikan penghitungan terperinci tentang fasilitas nuklir dan misilnya yang akan digunakan oleh para pengawas untuk memverifikasi setiap kesepakatan untuk membongkar mereka. Korut menuntut agar AS mencabut sanksi keras dan memberikan jaminan keamanan sebelum mengambil langkah-langkah di luar penangguhan awal uji coba nuklir dan rudal.

Kim Jong-un menyatakan frustrasi dalam pidato Tahun Baru tahunan atas kurangnya kemajuan dalam negosiasi. Namun dalam kunjungan ke Beijing pekan lalu, dia mengatakan Korut akan melakukan KTT kedua untuk mencapai hasil yang akan disambut oleh masyarakat internasional, menurut kantor berita resmi China, Xinhua.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5297 seconds (0.1#10.140)