AS Diam-diam Kerahkan Rudal Canggih ATACMS ke Ukraina untuk Melawan Rusia

Kamis, 25 April 2024 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Menurut pejabat tersebut, Biden menginstruksikan para pembantunya untuk memasukkan ATACMS ke dalam paket tersebut tetapi tetap merahasiakannya. “Untuk menjaga keamanan operasional dan elemen kejutan Ukraina,” katanya.

Ukraina pertama kali menerima ATACMS kelas menengah pada September lalu. Namun, militer Rusia dengan cepat mulai menembak jatuh misil-misil tersebut, menggagalkan rencana Zelensky untuk merusak atau menghancurkan Jembatan Crimea.

“Ini adalah kesalahan lain yang dilakukan Amerika Serikat,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan Oktober lalu, seraya menjelaskan bahwa jika Washington menahan diri untuk tidak mengirim rudal-rudal tersebut, maka mereka akan memposisikan dirinya sebagai “orang baik” dalam upayanya untuk mencegah jatuhnya korban yang tidak perlu.

Putin mengatakan ketika Rusia meningkatkan pertahanan udaranya untuk mencegat ATACMS, kedatangan mereka tidak akan berdampak besar pada operasi tempur, dan hanya akan memperpanjang penderitaan Ukraina. “Itulah mengapa ini adalah kesalahan,” katanya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)