Bukan Prioritas, Italia Tinjau Ulang Program Jet Siluman F-35

Jum'at, 21 Desember 2018 - 16:20 WIB
Bukan Prioritas, Italia Tinjau Ulang Program Jet Siluman F-35
Bukan Prioritas, Italia Tinjau Ulang Program Jet Siluman F-35
A A A
ROMA - Pemerintah Italia pada 2019 akan meninjau ulang program pengadaan pesawat jet tempur siluman F-35 buatan Lockheed Martin Amerika Serikat (AS). Wakil Perdana Menteri Luigi Di Maio mengatakan pesawat tempur canggih itu bukanlah prioritas bagi negaranya.

"Saya selalu bersikap kritis dan akan tetap kritis terhadap program ini meskipun itu adalah teknologi hebat," katanya di stasiun televisi Rai3, Jumat (21/12/2018).

"Tetapi pembelanjaan militer yang tidak perlu harus dikurangi, bukan ditingkatkan," lanjut Di Maio, yang dilansir Reuters.

Five-Star Movement (Gerakan Bintang Lima) pimpinan Di Maio, bagian dari koalisi pemerintahan saat ini, telah berulang kali mengatakan akan memotong belanja pertahanan Italia dan akan membatalkan rencana pembelian pesawat jet tempur F-35.

Pada Juni, Menteri Pertahanan Elisabetta Trenta mengatakan pemerintah tidak akan mengurangi pesanan 90 unit jet tempur F-35, melainkan hanya memperlambat pembelian.

Jet siluman F-35 dibuat oleh Lockheed Martin Corp, dengan beberapa perusahaan pendukung termasuk Northrop Grumman Corp, Pratt & Whitney dari United Technologies Corp dan BAE Systems Plc.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3408 seconds (0.1#10.140)