Turki: AS Tidak Bisa Halangi Operasi Militer Kami di Suriah

Senin, 17 Desember 2018 - 20:37 WIB
Turki: AS Tidak Bisa Halangi Operasi Militer Kami di Suriah
Turki: AS Tidak Bisa Halangi Operasi Militer Kami di Suriah
A A A
ANKARA - Turki menyatakan, Amerika Serikat (AS) tidak akan bisa menghalangi Ankara untuk melancarkan operasi militer di Suriah. Turki berencana kembali menggelar operasi militer di timur sungai Efrat, dengan target ISIS dan kelompok Kurdi Suriah, yang tidak lain adalah milisi sekutu AS di Suriah.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu mengatakan Washington telah berusaha menahan Turki selama dua operasi di Suriah dalam dua tahun terakhir melawan ISIS dan YPG, yang menguasai wilayah-wilayah perbatasan utara Suriah.

"AS mengira mereka bisa menghalangi kami dengan orang-orang yang dibesarkannya. Sekarang, mereka akan mencoba menahan kami di timur Efrat. Turki tidak, dan tidak akan, membiarkan itu," kata Soylu, seperti dilansir Reuters pada Senin (17/12).

Sebelumnya, Presiden Turki, Recep Tayyep Erdogan mengatakan pasukan Turki akan memasuki kota Manbij, Suriah, jika AS tidak menyingkirkan pejuang Kurdi YPG dan akan menargetkan daerah yang dikuasai Kurdi lebih jauh ke timur.

Ankara dan Washington sendiri memang telah lama berselisih di Suriah, di mana AS telah mendukung YPG dalam perang melawan ISIS. Turki mengatakan YPG adalah organisasi teroris dan perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Turki telah mengeluh atas lambatnya pelaksanaan kesepakatan dengan Washington untuk menarik pejuang Kurdi YPG keluar dari Manbij, yang terletak di wilayah Arab terutama di sebelah barat sungai Efrat, kembali ke tepi timur sungai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4911 seconds (0.1#10.140)