Pertama Kali dalam Sejarah, AS Jatuhkan Sanksi ke Batalion Netzah Yehuda, Israel Terkejut dan Marah

Minggu, 21 April 2024 - 18:40 WIB
loading...
A A A
Undang-undang yang dibuat oleh senator saat itu, Patrick Leahy, pada akhir tahun 1990an melarang pemberian bantuan militer kepada individu atau unit pasukan keamanan yang melakukan pelanggaran berat hak asasi manusia dan belum diadili.

Salah satu sumber yang dikutip mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah memutuskan untuk tidak memberikan sanksi kepada unit militer dan polisi lain yang sedang diselidiki pemerintah, karena ada penyesuaian dalam perilaku mereka.

Seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada situs berita tersebut bahwa keputusan untuk memberikan sanksi kepada Netzah Yehuda didasarkan pada penelitian yang dilakukan sebelum tanggal 7 Oktober yang meneliti insiden di Tepi Barat.

Laporan itu muncul beberapa hari setelah ProPublica mengatakan panel Departemen Luar Negeri merekomendasikan agar Blinken memberikan sanksi kepada beberapa unit Israel atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia, termasuk Netzah Yehuda.

Blinken sendiri mengatakan pada hari Jumat bahwa dia telah membuat “keputusan” terkait tuduhan bahwa pasukan Israel telah melanggar Hukum Leahy.



Ketika ditanya pada konferensi pers di Italia tentang laporan bahwa Departemen Luar Negeri AS telah merekomendasikan penghentian bantuan militer kepada unit-unit Israel tertentu karena kemungkinan pelanggaran hak asasi manusia di Tepi Barat, Blinken tidak langsung mengkonfirmasi laporan tersebut, namun menjanjikan hasilnya dalam waktu dekat.

“Saya pikir yang Anda maksud adalah apa yang disebut Hukum Leahy dan pekerjaan kami di dalamnya,” jawabnya. “Jadi ini adalah undang-undang yang sangat penting. Dan itu adalah salah satu hal yang kami terapkan secara menyeluruh. Dan ketika kita melakukan investigasi, penyelidikan ini, itu adalah sesuatu yang membutuhkan waktu. Hal ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, baik dalam mengumpulkan fakta maupun menganalisisnya.

“Dan itulah yang telah kami lakukan. Dan menurut saya adil untuk mengatakan bahwa Anda akan melihat hasilnya dengan sangat baik. Saya membuat tekad. Anda bisa berharap untuk melihatnya dalam beberapa hari mendatang,” kata Blinken, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Netzah Yehuda diciptakan agar tentara ultra-Ortodoks dan tentara agama lainnya dapat mengabdi tanpa merasa bahwa mereka mengkompromikan keyakinan mereka. Para prajurit tidak berinteraksi dengan pasukan wanita seperti halnya prajurit lainnya dan diberikan waktu tambahan untuk berdoa dan belajar agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)