Kawan Jadi Lawan, Kenapa Iran Memusuhi Israel?

Jum'at, 19 April 2024 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Ayatollah Khomeini menjadi pemimpin revolusi. Ia membawa pandangan dunia baru yang sebagian besar memperjuangkan Islam dan menantang kekuatan dunia yang “sombong” yang termasuk Israel dan Amerika Serikat.

Israel dikenal sebagai “Setan Kecil”, sementara Amerika Serikat disebut “Setan Besar”. Setelahnya, Iran pun memutuskan semua hubungan dengan Israel.

Sejak saat itu, Iran menjadi pendukung utama perjuangan Palestina. Sebaliknya, mereka memandang Israel sebagai musuh besar.

Pada aksi-aksinya, Iran pun mendukung jaringan “poros perlawanan” yang terdiri dari kelompok-kelompok politik dan bersenjata di beberapa negara. Hal ini termasuk juga di Palestina.

Setelah itu, ketegangan pun sering terjadi antara Iran dan Israel. Hanya saja, memang keduanya jarang terlibat perang langsung, melainkan menggunakan pionnya masing-masing.

Tensi semakin panas ketika Iran diketahui tengah mengembangkan program nuklir. Israel yang menjadi sekutu negara Barat telah berjanji tidak akan pernah membiarkan Teheran mengembangkan bom nuklir.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)