Intip Kecanggihan Wisent 1, Kendaraan Tempur Baru Ukraina untuk Melawan Rusia

Senin, 15 April 2024 - 12:00 WIB
loading...
Intip Kecanggihan Wisent 1, Kendaraan Tempur Baru Ukraina untuk Melawan Rusia
Wisent 1 MC yang dipasok oleh Jerman dibuat berdasarkan sasis tank Leopard 1. (Foto: @pearson-eng)
A A A
JAKARTA - Jerman telah mengirim paket bantuan persenjataan untuk Ukraina. Detailnya meliputi senjata api, drone, amunisi, dan kendaraan Wisent 1. Kendaraan tempur ini sangat penting bagi Ukraina karena kemampuan dan fungsinya yang unik.

Ukraina membutuhkan berbagai macam peralatan militer, mulai dari sistem anti-pesawat terbang dan rudal canggih hingga amunisi artileri dan peralatan pembersih ranjau yang penting untuk strategi serangan balik.

Wilayah timur Ukraina banyak ditanami ranjau. Pasukan Rusia telah mampu menyebarkan ranjau melintasi jalur logistik yang digunakan Ukraina, bahkan beberapa mil di belakang garis depan, dengan menggunakan sistem penambangan lemparan atau menggunakan roket khusus untuk peluncur roket ganda seperti BM-30 Smerch, BM-27 Uragan, dan BM-21 Grad.


Spesifikasi Wisent 1 Jerman


Kendaraan Wisent 1 MC, yang dipasok oleh Jerman dibuat berdasarkan sasis tank Leopard 1, sangat cocok untuk tugas pembersihan ranjau tersebut. Melansir Essanews, Senin (15/4/2024), tampang Wisent 1 MC menyerupai laba-laba raksasa. Kendaraan ini dikembangkan oleh Flensburger Fahrzeugbau Gesellschaft (FFG). Dengan kontribusi dari Genesis dan British Pearson Engineering, Wisent 1 MC mengganti kubah tank Leopard 1 dengan superstruktur lapis baja yang dapat menampung empat orang awak.

Dengan berat sekitar 49 ton, Wisent 1 memiliki crane yang mampu mengangkat sekitar 33 ton dan pemukul anti-ranjau canggih yang menyerupai kaki laba-laba. Peralatan ini, dibuat oleh Pearson Engineering, dapat dengan aman menjinakkan berbagai ranjau, mulai dari ranjau sederhana yang peka terhadap tekanan seperti TM-62 hingga jenis yang lebih canggih yang merespons gangguan listrik atau medan magnet.



Selain pembersihan ranjau , Wisent 1 dapat memetakan rute aman dan mengirimkan informasi secara real time ke pusat komando.

Dalam hal perlindungan, kendaraan ini mengikuti standar STANAG 4569, mencapai level lima untuk ketahanan ranjau dan level tiga untuk perlindungan balistik, secara efektif melindungi terhadap tembakan kaliber 7.62x51 mm NATO / .308 Winchester, bahkan dengan peluru penusuk lapis baja. Untuk pertahanan diri, kendaraan ini juga dilengkapi dengan senapan mesin universal MG3.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)