Lindungi Iran, Rusia Kirim Kapal yang Memiliki Rudal Supersonik

Minggu, 14 April 2024 - 22:40 WIB
loading...
Lindungi Iran, Rusia Kirim Kapal yang Memiliki Rudal Supersonik
Kapal perang Rusia dikirim ke Timur Tengah untuk melindungi Iran. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Kapal perang angkatan laut Rusia yang dilengkapi dengan rudal supersonik Kinzhal telah memasuki Laut Mediterania melalui Terusan Suez sebagai bagian dari rencana latihan angkatan laut. Namun, momen tersebut dituding karena Rusia ingin melindungi Iran dari ancaman serangan Israel.

"Kapten kapal Marshal Shaposhnikov, akan terus melaksanakan tugas yang diberikan berdasarkan rencana ekspedisi," demikian keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, dilansir Al Jazeera.

Kehadiran kapal perang Rusia tersebut diperkirakan akan memanaskan Timur Tengah. Pasalnya, Rusia memiliki keberpihakan yang mendalam dengan Iran yang sedang berperang dengan Israel.

Itu juga akan memanaskan situasi karena AS memiliki banyak kapal perang di kawasan Timur Tengah. Ancaman perang besar bisa saja terjadi.

Baca Juga: PM Netayahu Klaim Menang dalam Perang Melawan Iran, tapi Khawatir Konflik Akan Meluas

Pekan lalu, Kremlin menyerukan semua negara di Timur Tengah untuk menahan diri dan mencegah kawasan tersebut terjerumus ke dalam kekacauan setelah ketegangan meningkat akibat serangan udara mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April.

“Saat ini sangat penting bagi semua orang untuk menahan diri agar tidak mengarah pada destabilisasi situasi di kawasan, yang tidak menunjukkan stabilitas dan prediktabilitas,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0834 seconds (0.1#10.140)