Deretan Reaksi Pemimpin Dunia atas Serangan Drone dan Rudal Iran ke Israel

Minggu, 14 April 2024 - 19:40 WIB
loading...
Deretan Reaksi Pemimpin Dunia atas Serangan Drone dan Rudal Iran ke Israel
Drone dan rudal penjelajah Iran menarget sejumlah wilayah di Israel. Para pemimpin dunia memberikan beragam reaksinya. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Korps Pengawal Revolusi Islam Iran mengatakan pihaknya meluncurkan puluhan drone dan rudal ke Israel pada Sabtu malam (13/4/2024). Itu merupakan serangan yang dapat menyebabkan eskalasi besar antara musuh bebuyutan regional tersebut.

Deretan Reaksi Pemimpin Dunia atas Serangan Drone dan Rudal Iran ke Israel

1. PM Israel Benjamin Netanyahu

“Dalam beberapa tahun terakhir, dan terutama dalam beberapa minggu terakhir, Israel telah bersiap menghadapi serangan langsung oleh Iran. Sistem pertahanan kami telah dikerahkan; kami siap menghadapi skenario apa pun, baik secara defensif maupun ofensif. Negara Israel kuat. IDF kuat. kuat. Masyarakatnya kuat.

"Kami mengapresiasi sikap AS yang mendampingi Israel, serta dukungan Inggris, Prancis, dan banyak negara lainnya. Kami telah menetapkan prinsip yang jelas: Siapa pun yang merugikan kami, kami akan merugikan mereka. Kami akan membela diri terhadap ancaman apa pun dan akan melakukan hal yang sama." berkepala dingin dan penuh tekad."


2. Misi Iran di PBB

"... Tindakan militer Iran merupakan respons terhadap agresi rezim Zionis terhadap lokasi diplomatik kami di Damaskus. Masalah ini dapat dianggap selesai.

“Namun, jika rezim Israel melakukan kesalahan lagi, respons Iran akan jauh lebih parah. Ini adalah konflik antara Iran dan rezim Israel yang jahat, yang mana AS HARUS MENJAUHINYA!”

3. Presiden AS Joe Biden

“Saya baru saja bertemu dengan tim keamanan nasional saya untuk mendapatkan informasi terkini mengenai serangan Iran terhadap Israel. Komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangat kuat.”

4. Ketua DPR AS Mike Johnson

“Saat Israel menghadapi serangan kejam dari Iran, Amerika harus menunjukkan tekad penuh untuk mendukung sekutu penting kita. Dunia harus yakin: Israel tidak sendirian.”

:Kemampuan pertahanan dan ofensif kita berada pada tingkat kesiapan tertinggi menjelang serangan besar-besaran dari Iran ini. Bersama dengan mitra kami."

5. Sekjen PBB Antonio Guterres

“Saya mengutuk keras eskalasi serius yang ditunjukkan oleh serangan besar-besaran yang dilancarkan Republik Islam Iran terhadap Israel malam ini. Saya menyerukan penghentian segera permusuhan ini."

“Saya sangat khawatir mengenai bahaya nyata dari eskalasi konflik di kawasan ini. Saya mendesak semua pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin guna menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai lini di Timur Tengah.

“Saya telah berulang kali menekankan bahwa baik kawasan maupun dunia tidak mampu melakukan perang lagi.”

6. PM Inggris Rishi Sunak

“Saya mengutuk keras serangan sembrono rezim Iran terhadap Israel. Serangan ini berisiko mengobarkan ketegangan dan mengganggu stabilitas kawasan. Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di negaranya sendiri."

“Inggris akan terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami, termasuk Yordania dan Irak. Bersama sekutu kami, kami segera berupaya menstabilkan situasi dan mencegah eskalasi lebih lanjut. Tidak ada yang ingin melihat lebih banyak pertumpahan darah.”

7. PM Kanada Justin Trudeau

"Kanada dengan tegas mengutuk serangan udara Iran terhadap Israel. Kami mendukung Israel. Setelah mendukung serangan brutal Hamas pada 7 Oktober, tindakan terbaru rezim Iran akan semakin menggoyahkan kawasan dan mempersulit perdamaian abadi."

“Serangan-serangan ini sekali lagi menunjukkan ketidakpedulian rezim Iran terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan. Kami mendukung hak Israel untuk membela diri dan rakyatnya dari serangan-serangan ini.”

8. Menlu Jerman Annalena Baerbock

"Iran telah menembakkan drone dan rudal ke Israel. Kami mengutuk keras serangan yang sedang berlangsung, yang dapat menjerumuskan seluruh kawasan ke dalam kekacauan. Iran dan proksinya harus segera menghentikan hal ini. Israel menawarkan solidaritas penuh kami saat ini."

9. Duta Besar Jerman untuk Israel Steffen Seibert

“Solidaritas Jerman ditujukan kepada semua warga Israel malam ini yang diteror Iran dengan serangan kejam yang belum pernah terjadi sebelumnya ini: Yahudi, Arab, dan Kristen, Badui di Negev serta Druze di Golan. Semoga mereka semua aman.”

10. Menlu Prancis Stephane Sejourne

“Prancis mengutuk keras serangan yang dilancarkan Iran terhadap Israel. Dengan memutuskan tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Iran mengambil langkah baru dalam tindakannya yang tidak stabil dan mengambil risiko peningkatan militer.”

11. Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell

“Uni Eropa mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel yang tidak dapat diterima. Ini adalah eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan ancaman besar terhadap keamanan regional.”

12. Presiden Dewan Eropa Charles Michel

"Mengutuk keras serangan yang dilancarkan Iran terhadap Israel. Segala sesuatu harus dilakukan untuk mencegah eskalasi regional lebih lanjut. Lebih banyak pertumpahan darah harus dihindari. Kami akan terus memantau situasi ini dengan cermat bersama mitra kami."

13. PM Spanyol Pedro Sanchez

“Kami mengikuti kejadian di Timur Tengah dengan keprihatinan yang mendalam. Kami terus menjalin kontak dengan kedutaan besar kami di wilayah tersebut yang akan tetap terbuka untuk mendukung warga Spanyol di wilayah tersebut.”

14. PM Belanda Marke Rutte

"Situasi yang sangat mengkhawatirkan di Timur Tengah. Sebelumnya hari ini, Belanda dan negara-negara lain mengirim pesan keras dan jelas kepada Iran untuk menahan diri menyerang Israel. Belanda mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel. Eskalasi lebih lanjut harus dicegah. ... Kami terus memantau perkembangannya dengan cermat."

15. Menlu Denmark Lars Lokke Rasmussen


"Denmark mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel. Saya mendesak semua orang untuk menahan diri dan mengurangi ketegangan. Peran Iran yang mengganggu stabilitas di Timur Tengah tidak dapat diterima - begitu pula serangan ini."

16. Menlu Norwegia Espen Barth Eide

"Saya mengutuk serangan ilegal dan berbahaya yang dilakukan Iran terhadap Israel. Hal ini akan semakin memperburuk situasi yang sudah sangat tidak stabil. Kita harus mencegah eskalasi kekerasan lebih lanjut di Timur Tengah. Saya menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri secara maksimal."

17. Kemlu Republik Ceko

“Ceko dengan tegas mengutuk perilaku Iran dan proksi Iran yang melakukan destabilisasi yang memutuskan untuk menyerang Israel. Kami menegaskan kembali hak Israel untuk membela diri. Perilaku agresif Iran dalam jangka panjang menghalangi kawasan Timur Tengah untuk hidup damai dan aman.”

18. Presiden Kolombia Gustavo Petro

“Hal ini dapat diprediksi; kita sekarang berada di awal Perang Dunia III, tepatnya ketika umat manusia harus membangun kembali perekonomiannya menuju tujuan dekarbonisasi yang cepat. Dukungan AS, dalam praktiknya, terhadap genosida, telah menyulut dunia. Semua orang tahu bagaimana perang dimulai, tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana akhirnya. Andai saja bangsa Israel cukup tinggi, seperti nenek moyang mereka, untuk menghentikan kegilaan penguasa mereka. PBB harus segera mengadakan pertemuan dan harus segera berkomitmen pada perdamaian."

20. Presiden Argentina Javier Milei

“Kantor Presiden Javier Milei menyatakan solidaritas dan komitmen teguhnya kepada Negara Israel menyusul serangan yang dilakukan oleh Republik Islam Iran. Republik Argentina mengakui hak Negara-Bangsa untuk membela diri dan sangat mendukung Negara Israel dalam mempertahankan kedaulatannya, khususnya melawan rezim yang mendukung teror dan berupaya menghancurkan peradaban Barat.”

21. Presiden Paraguay Santiago Pena

“Dalam masa-masa sulit seperti ini, kami menyatakan dukungan penuh kami kepada rakyat Israel, dan prihatin dengan meningkatnya kekerasan di wilayah tersebut. Kami tetap berhubungan dengan kedutaan kami di wilayah tersebut untuk melayani rekan-rekan kami.”

22. Menlu Chile Alberrto Van Klaveren

“Kami menyatakan keprihatinan kami terhadap peningkatan ketegangan yang serius di Timur Tengah dan serangan Iran terhadap Israel. Chile mengutuk penggunaan kekuatan dan membela hukum kemanusiaan internasional, yang melindungi kehidupan warga sipil dalam konflik bersenjata.”

23. Kemlu Meksiko

“Pemerintah Meksiko menyatakan keprihatinan mendalam atas serangan Iran terhadap wilayah Israel, dan dampaknya terhadap ribuan nyawa manusia. Meksiko mengutuk penggunaan kekuatan dalam hubungan internasional, dan menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri dan mencari solusi secara damai untuk menghindari konflik yang lebih umum di Timur Tengah. Meksiko juga menekankan pentingnya menghormati hukum internasional demi perdamaian dan keamanan internasional."

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)