Perang Besar Berkecamuk di Timur Tengah, Presiden AS Joe Biden Janji Dukung Israel

Minggu, 14 April 2024 - 07:55 WIB
loading...
Perang Besar Berkecamuk di Timur Tengah, Presiden AS Joe Biden Janji Dukung Israel
Joe Biden langsung menggelar rapat darurat untuk memberikan dukungan penuh kepada Israel. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden mempersingkat kunjungan akhir pekannya di rumah pantainya di Delaware untuk bertemu dengan tim keamanan nasionalnya di Gedung Putih pada hari Sabtu dan memantau situasi di Timur Tengah ketika Iran melancarkan serangan terhadap Israel .

Ketegangan berada pada titik tertinggi sejak perang Israel-Hamas dimulai enam bulan lalu setelah dugaan serangan Israel bulan ini terhadap gedung konsulat Iran di Suriah yang menewaskan 12 orang, termasuk dua jenderal senior Iran di Pasukan elit Quds Garda Revolusi. Iran telah berjanji untuk melakukan pembalasan terhadap Israel, dan para pejabat AS dan Israel telah bersiap menghadapi serangan tersebut, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai konflik yang akan meningkat menjadi perang regional yang lebih luas.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson mengatakan dalam pernyataan hari Sabtu bahwa “Iran telah memulai serangan udara terhadap Israel.” Dia menambahkan: “Amerika Serikat akan mendukung rakyat Israel dan mendukung pertahanan mereka terhadap ancaman dari Iran.”

Biden menaiki helikopter kepresidenan dari sebuah taman dekat rumahnya di Pantai Rehoboth, Delaware, untuk kembali ke Washington pada Sabtu sore tak lama sebelum para pejabat Israel mengonfirmasi bahwa mereka telah mendeteksi drone yang diluncurkan ke wilayah mereka dari Iran. Dia dijadwalkan mengadakan pertemuan utama Dewan Keamanan Nasional di Ruang Situasi Gedung Putih untuk membahas kejadian tersebut dan merencanakan tanggapan AS.



Pentagon melaporkan bahwa Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah berbicara dengan Menteri Pertahanan Israel “untuk membahas ancaman regional yang mendesak... dan menjelaskan bahwa Israel dapat mengandalkan dukungan penuh AS untuk membela Israel dari serangan apa pun oleh Iran dan proksi regionalnya.” Penasihatnya, Jake Sullivan, juga berbicara dengan rekannya untuk memperkuat “komitmen kuat Washington terhadap keamanan Israel.”

Biden pada hari Jumat mengatakan Amerika Serikat “berbakti” untuk membela Israel dan bahwa “Iran tidak akan berhasil.” Ketika ditanya oleh wartawan apa pesannya untuk Iran, satu-satunya jawaban presiden adalah: “Jangan.”

Dia mengabaikan pertanyaan tentang apa yang akan memicu respons langsung militer AS, dan ketika ditanya seberapa besar kemungkinan serangan Iran terhadap Israel, Biden mengatakan dia tidak ingin memberikan informasi yang aman, “tetapi perkiraan saya adalah lebih cepat daripada nanti.”

AS, bersama sekutunya, telah mengirimkan pesan langsung ke Teheran untuk memperingatkan agar konflik tidak semakin meningkat.

Selama perang Israel-Hamas di Gaza, hampir setiap hari terjadi baku tembak antara pasukan Israel dan kelompok militan Hizbullah yang didukung Iran di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon. Para pejabat AS telah mencatat lebih dari 150 serangan oleh milisi yang didukung Iran di Irak dan Suriah terhadap pasukan AS di pangkalan-pangkalan di negara-negara tersebut sejak perang dimulai pada 7 Oktober.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)