Iran Ancam Serang Yordania jika Bekerja Sama dengan Israel

Minggu, 14 April 2024 - 07:02 WIB
loading...
Iran Ancam Serang Yordania jika Bekerja Sama dengan Israel
Militer Yordania menarget drone Iran yang memasuki wilayahnya sehingga disebut Teheran Amman telah berpihak kepada Israel. Foto/Reuters
A A A
AMMAN - Yordania akan menjadi “target berikutnya” Iran jika “bekerja sama” dengan Israel di tengah serangan rudal dan drone Iran terhadap Israel. Demikian dilaporkan berita semi-resmi Fars melaporkan pada Minggu (14/4/2024)

Kemudian, dua sumber keamanan regional mengatakan jet Yordania menembak jatuh puluhan drone Iran yang terbang melintasi wilayah Yordania utara dan tengah menuju ke Israel.

"Militer Iran dengan hati-hati memantau pergerakan Yordania selama serangan hukuman terhadap rezim Zionis, dan jika Yordania melakukan intervensi, maka Yordania akan menjadi target berikutnya,” lapor Fars, mengutip “sumber informasi” di angkatan bersenjata Iran.

“Peringatan yang diperlukan telah diberikan kepada Yordania dan negara-negara regional lainnya sebelum operasi tersebut,” demikian diungkapkan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, mengutip sumber tersebut.

Menurut dua sumber regional, drone tersebut dijatuhkan di udara di Lembah Yordan sisi Yordania dan sedang menuju ke arah Yerusalem. Lainnya dicegat di dekat perbatasan Irak-Suriah. Mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Melansir Reuters, dua sumber keamanan regional mengatakan pada Sabtu malam bahwa pertahanan udara Yordania siap mencegat dan menembak jatuh drone atau pesawat Iran yang melanggar wilayah udaranya.

Mereka mengatakan tentara juga dalam keadaan siaga tinggi dan sistem radar memantau setiap aktivitas drone yang datang dari arah Irak dan Suriah.

Penduduk di beberapa kota di bagian utara negara itu dekat Suriah dan wilayah tengah dan selatan mendengar aktivitas udara yang deras. Sumber keamanan mengatakan angkatan udara negara itu mengintensifkan penerbangan pengintaian.

Yordania sebelumnya mengatakan pihaknya menutup wilayah udaranya mulai Sabtu malam untuk semua pesawat yang masuk, berangkat, dan transit. Hal ini menurut para pejabat kepada Reuters adalah tindakan pencegahan jika terjadi serangan Iran melintasi perbatasannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)