AS Kirim Senjata Sitaan Iran ke Ukraina

Rabu, 10 April 2024 - 18:18 WIB
loading...
AS Kirim Senjata Sitaan Iran ke Ukraina
Tentara Ukraina mendapatkan senjata sitaan Iran yang dikirim AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Militer AS telah mengirim ribuan senjata infanteri dan lebih dari 500.000 butir amunisi ke Ukraina yang disita lebih dari setahun lalu saat dikirim oleh Iran ke pasukan Houthi di Yaman.

Perangkat keras yang dikirim minggu lalu adalah bantuan militer terbaru yang diberikan oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden kepada Kyiv dalam perjuangannya merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia.

Biden dari Partai Demokrat dilarang memberikan persenjataan AS lebih lanjut ke Kyiv karena penolakan Ketua DPR dari Partai Republik Mike Johnson untuk mengadakan pemungutan suara mengenai bantuan keamanan baru senilai USD60 miliar.

Ketika pasukan Ukraina kekurangan senjata dan amunisi, terutama artileri berat, Amerika Serikat dan sekutunya mencari cara baru untuk mempersenjatai Kyiv.

:Persenjataan yang ditransfer oleh Amerika Serikat ke Kyiv pada tanggal 4 April merupakan perlengkapan yang cukup untuk melengkapi brigade Ukraina," kata Komando Pusat A.S. dalam sebuah pernyataan yang diposting di platform media sosial X.

Sebuah brigade infanteri biasanya terdiri dari 3.500 hingga 4.000 tentara, namun jumlah pastinya tidak diketahui.



Misi permanen Iran untuk PBB mengatakan, “Kami tidak dapat mengomentari senjata dan persenjataan yang bukan milik kami.”

CENTCOM mengatakan perangkat keras tersebut mencakup lebih dari 5.000 senapan serbu AK-47, senapan mesin, senapan sniper dan granat berpeluncur roket serta lebih dari 500.000 butir amunisi.

"Amunisi tersebut diambil dari empat kapal tanpa kewarganegaraan yang dicegat oleh kapal angkatan laut A.S. dan kapal pasukan mitra – yang tidak diidentifikasi – antara 22 Mei 2021 dan 15 Februari 2023," kata CENTCOM. "Senjata-senjata itu dikirim oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran ke Houthi," kata CENTCOM.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)