Simon Harris Terpilih sebagai PM Termuda Irlandia

Rabu, 10 April 2024 - 14:14 WIB
loading...
Simon Harris Terpilih sebagai PM Termuda Irlandia
Simon Harris terpilih sebagai PM Irlandia termuda. Foto/Reuters
A A A
DUBLIN - Parlemen Irlandia telah memilih Simon Harris sebagai perdana menteri baru dan termuda di negara itu, untuk menggantikan Leo Varadkar setelah pengunduran dirinya yang mengejutkan bulan lalu.

Pada Selasa (9/4/2024), para anggota parlemen bersorak ketika pencalonan Harris dikonfirmasi dengan hasil 88-69, setelah mendapatkan dukungan dari beberapa anggota parlemen independen, serta mitra koalisinya Fianna Fail dan Green Party.

Mantan menteri kesehatan dan pendidikan tinggi berusia 37 tahun, yang terkenal karena membantu mengarahkan respons awal Irlandia terhadap pandemi COVID-19, terpilih tanpa lawan sebagai pemimpin baru partai sayap kanan-tengah Fine Gael bulan lalu, beberapa hari setelah keterkejutan Varadkar. KELUAR.

“Saya menerima nominasi ini untuk menjabat sebagai taoiseach [perdana menteri],” kata Harris. “Saya berkomitmen untuk melakukan segala yang saya bisa untuk menghormati kepercayaan yang telah Anda berikan kepada saya.”

Mengakui mitra koalisi pemerintahan barunya yang mendukung pencalonannya, Harris mengatakan bahwa ia bermaksud untuk memimpin “dalam semangat persatuan dan kolaborasi serta saling menghormati”.

Berjanji untuk memberi energi kembali dan “mengatur ulang” partainya, Harris mengatakan pada konferensi akhir pekan para anggotanya bahwa ia berencana untuk mengarahkan partainya kembali ke “nilai-nilai inti” seperti mempromosikan bisnis, pertanian, serta hukum dan ketertiban.

Terpilihnya Harris sebagai perdana menteri mengakhiri kebangkitan politik yang pesat. Dia bergabung dengan cabang pemuda Fine Gael pada usia 16 tahun dan dengan cepat naik pangkat.

Sebagai anggota dewan daerah pada usia 22 tahun, ia terpilih menjadi anggota parlemen saat berusia 24 tahun pada tahun 2011. Saat itu ia adalah anggota parlemen termuda dan dijuluki “Baby of the Dail” (parlemen Irlandia).

Ia diangkat menjadi menteri kesehatan pada tahun 2016 pada usia 29 tahun dan menjadi menteri pendidikan tinggi pada tahun 2020.

Sebagai pemimpin baru Irlandia, Harris menghadapi banyak hal yang harus dilakukan, termasuk mengatasi krisis perumahan dan tuna wisma, serta kritik terhadap kebijakan pemerintah terhadap pencari suaka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)