Iran: AS Mulai Kurangi Jumlah Kapal Perang di Teluk Persia

Senin, 19 November 2018 - 21:21 WIB
Iran: AS Mulai Kurangi Jumlah Kapal Perang di Teluk Persia
Iran: AS Mulai Kurangi Jumlah Kapal Perang di Teluk Persia
A A A
TEHERAN - Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Hossein Khanzadi menuturkan, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya secara efektif telah menurunkan jumlah kapal perang mereka di Teluk Persia.

"Sejak awal tahun berjalan, angka-angka menunjukkan bahwa Amerika dan sekutu mereka telah meninggalkan Teluk Persia dan mereka tidak memiliki kehadiran yang berarti di wilayah tersebut, dan tentu saja,kehadiran mereka tidak menghasilkan selain ketidakamanan dan kesenjangan antara negara-negara regional," ucap Khanzadi.

Dia kemudian mengatakan bahwa sejumlah kecil kapal perang asing, masih dikerahkan di Teluk Persia, tidak diizinkan untuk melanggar aturan dan peraturan maritim internasional.

"Kapal-kapal itu terus kami lacar dan kami terus mengawasi mereka baik dari darat dan udara dan semua percakapan mereka disadap," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Fars News pada Senin (19/11).

Angkatan Laut AS sendiri pada Maret lalu telah mengumumkan bahwa kapal induk USS Theodore Roosevelt (CVN-71) telah meninggalkan Teluk Persia untuk menuju ke Samudra Pasifik.

Meski AS tidak lagi menempatkan kapal induk di wilayah itu, para pejabat pertahanan AS mengatakan bahwa mereka masih menempatkan kapal perusak USS The Sullivan di Teluk Persia, dan bahwa beberapa kapal lainnya ditempatkan di Bahrain.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4778 seconds (0.1#10.140)