Gelar Pembicaraan dengan Korut, Pejabat CIA Diam-diam Sambangi Korsel

Minggu, 18 November 2018 - 13:03 WIB
Gelar Pembicaraan dengan Korut, Pejabat CIA Diam-diam Sambangi Korsel
Gelar Pembicaraan dengan Korut, Pejabat CIA Diam-diam Sambangi Korsel
A A A
SEOUL - Seorang pejabat senior badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, yang bertanggung jawab urusan Korea dilaporkan melakukan kunjungan rahasia ke Korea Selatan (Korsel) pekan ini. Kunjungan tersebut untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Korea Utara (Korut) di desa perbatasan gencatan senjata Panmunjeom.

Menurut sumber yang mengetahui hal tersebut Kepala Pusat Misi Korea CIA, Andrew Kim, berada di Seoul untuk kunjungan selama empat hari dimulai pada Rabu lalu. Kim kembali ke AS setelah mengadakan pembicaraan dengan para pejabat dari kedua belah pihak seperti dilansir dari KBS, Minggu (18/11/2018).

Kim, seorang warga keturunan Korea-Amerika, dikenal sebagai pembantu dekat dari Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Ia telah berpartisipasi dalam sebagian besar pembicaraan tingkat tinggi antara Washington dan Pyongyang tahun ini.

Kunjungan rahasia Kim diperkirakan ditujukan untuk mempersempit perbedaan antara Washington dan Pyongyang mengenai proses bagi denuklirisasi Korut sebelum kemungkinan pembicaraan antara Pompeo dan Kim Yong-chol, wakil ketua Partai Pekerja Korut yang berkuasa akhir bulan ini.

Pembicaraan denuklirisasi antara AS dan Korut berjalan lambat dalam membuat kemajuan yang signifikan. Pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan rekannya dari Korut yang dijadwalkan pada pekan lalu di New York ditunda tanpa diketahui kapan akan dilanjutkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3751 seconds (0.1#10.140)