NATO Sangat Khawatir dengan Aktivitas Spionase Rusia di Negara-negara Barat

Sabtu, 06 April 2024 - 18:52 WIB
loading...
NATO Sangat Khawatir dengan Aktivitas Spionase Rusia di Negara-negara Barat
NATO sangat takut dengan aktivitas spionase Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyatakan keprihatinannya atas aktivitas mata-mata Rusia dengan aliansi militer Barat.

“Kami telah melihat bahwa badan intelijen Rusia telah beroperasi di negara-negara Eropa selama bertahun-tahun. Kami juga melihat adanya upaya untuk meningkatkan aktivitas mereka, namun tentu saja sekutu NATO memantau dan mengikuti hal ini dengan sangat cermat,” kata Stoltenberg dalam sebuah wawancara dengan harian terlaris Jerman, Bild.

“Dan kami juga telah mengambil beberapa langkah untuk mempersulit badan intelijen keamanan Rusia untuk melakukan aktivitas ilegal di dalam atau di dalam negara-negara sekutu NATO,” tambahnya.

Stoltenberg mengatakan beberapa personel Rusia di masa lalu telah diusir dari markas NATO di tengah tuduhan spionase.

“Kami juga mengusir misalnya personel Rusia dari markas NATO karena kami melihat mereka melakukan aktivitas yang sebenarnya bukan pekerjaan diplomatik melainkan pekerjaan intelijen,” ujarnya.

Rusia mendirikan misi diplomatik ke NATO pada tahun 1998 yang ditutup setelah kerja sama di bawah Dewan NATO-Rusia ditangguhkan pada tahun 2014.



Dalam berita terkait, Stoltenberg memperingatkan Eropa agar tidak mencoba bertindak sendiri dalam bidang pertahanan setelah komentar calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump memicu perdebatan baru mengenai apakah benua tersebut dapat terus mengandalkan perlindungan dari Amerika Serikat.

“Kami memiliki NATO, dan NATO adalah landasan keamanan Eropa, dan NATO telah mampu melindungi semua sekutu NATO selama 75 tahun,” katanya.

NATO dimaksudkan “untuk mengikat Eropa dan Amerika Utara bersama-sama,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)