Penasihat Erdogan Tuding Saudi Lindungi Aktor Utama Pembunuh Khashoggi

Kamis, 15 November 2018 - 22:32 WIB
Penasihat Erdogan Tuding Saudi Lindungi Aktor Utama Pembunuh Khashoggi
Penasihat Erdogan Tuding Saudi Lindungi Aktor Utama Pembunuh Khashoggi
A A A
ANKARA - Yasin Aktay, seorang penasihat Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengatakan, pernyataan dari jaksa penuntut umum Arab Saudi ditujukan untuk melindungi aktor utama pembunuhan Jamal Khashoggi. Dia menyebut, penyelidikan Saudi tidak akan berujung terungkapnya sosok yang memerintahkan pembunuhan itu.

Atkay, penasihat Erdogan di Partai AK, membuat komentar setelah jaksa penuntut umum Saudi mengatakan wartawan itu tewas setelah "negosiasi" untuk meyakinkan dia untuk kembali ke kerajaan gagal. Para pejabat Turki mengatakan, mereka yakin pembunuhan itu direncanakan.

"Mereka mengharapkan kami percaya para pembunuh melakukan ini sendiri. Ini tidak bisa dipercaya. Semuanya terlihat jelas, tetapi ada upaya untuk menutupinya sedikit," kata Aktay, seperti dilansir Reuters pada Kamis (15/11).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menyatakan dia tidak senang dengan pernyataan yang dilontarkan oleh pihak Arab Saudi mengenai pembunuhan Jamal Khashoggi.

"Saya tidak menemukan beberapa komentar memuaskan. Mereka mengatakan orang ini dibunuh karena dia menolak, sedangkan pembunuhan ini direncanakan. Lagi-lagi, mereka mengatakan dia terpotong-potong, tapi ini bukan hal yang spontan. Peralatan yang diperlukan dan orang-orang dibawa untuk membunuh dan kemudian memutilasinya," ucap Cavusoglu.

Jaksa penuntut umum Saudi sebelumnya menuturkan jasad Khashoggi dipotong-potong setelah dia dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul. Juru bicara jaksa penuntut umum Saudi, Shaalan al- Shaalan menyatakan, orang yang memerintahkan pembunuhan adalah kepala tim negosiasi yang dikirim untuk memulangkan Khashoggi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3782 seconds (0.1#10.140)