Apa Itu World Central Kitchen yang Jadi Korban Serangan Israel di Gaza?

Kamis, 04 April 2024 - 16:16 WIB
loading...
Apa Itu World Central Kitchen yang Jadi Korban Serangan Israel di Gaza?
World Central Kitchen merupakan lembaga nirlaba yang memberikan bantuan di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tujuh pekerja dari kelompok bantuan World Central Kitchen (WCK) tewas di Gaza tengah dalam “serangan yang ditargetkan” oleh pasukan Israel yang telah menuai kecaman global dan memaksa badan amal tersebut untuk menghentikan operasi di wilayah tersebut.

WCK menyebutkan anggota timnya berasal dari Australia, Palestina, Polandia, dan Inggris. Salah satunya adalah warga negara ganda Amerika Serikat dan Kanada.

“Ini bukan hanya serangan terhadap WCK, ini adalah serangan terhadap organisasi kemanusiaan yang muncul dalam situasi paling mengerikan di mana makanan digunakan sebagai senjata perang,” kata CEO Erin Gore dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Jazeera. “Ini tidak bisa dimaafkan.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkan serangan udara itu sebagai tindakan yang “tidak disengaja” dan “tragis”.

“Hal-hal ini terjadi di masa perang,” kata Netanyahu, seraya menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan. Para pejabat sedang “memeriksa hal ini secara menyeluruh” dan “akan melakukan segalanya agar hal ini tidak terjadi lagi”.

Israel secara rutin menghalangi dan sangat membatasi masuknya bantuan ke Jalur Gaza dan pasukannya telah menembaki warga Palestina yang mengantri untuk mendapatkan makanan dan pasokan penting lainnya.

Apa Itu World Central Kitchen yang Jadi Korban Serangan Israel di Gaza?

1. Lembaga Nirlaba Berbasis di AS

Apa Itu World Central Kitchen yang Jadi Korban Serangan Israel di Gaza?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, WCK adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat yang berfokus pada pemberian makanan kepada orang-orang selama konflik dan bencana besar di seluruh dunia, seringkali sebagai pihak yang memberikan bantuan pertama.

Didirikan pada tahun 2010 oleh koki berbintang Michelin Spanyol-Amerika Jose Andres dan istrinya Patricia Fernandez de la Cruz.

Pasangan ini memulai kelompok tersebut setelah Andres mengunjungi Haiti setelah gempa bumi tahun 2010 yang menewaskan lebih dari 250.000 orang dan menyebabkan lebih dari satu juta orang kehilangan tempat tinggal. Dia bekerja dengan koki lokal untuk memasak dan mendistribusikan makanan, mendirikan dapur lokal di sana serta memasak makanan bersama para pengungsi di kamp-kamp.

Dia telah memenangkan beberapa penghargaan kemanusiaan atas karyanya, termasuk Medali Kemanusiaan Nasional yang diberikan oleh Presiden AS saat itu Barack Obama pada tahun 2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)