Indonesia Kutuk Serangan Israel di Gedung Diplomatik Iran di Damaskus

Selasa, 02 April 2024 - 18:15 WIB
loading...
Indonesia Kutuk Serangan Israel di Gedung Diplomatik Iran di Damaskus
Tim darurat bekerja di lokasi serangan udara di Damaskus, Suriah, 1 April 2024. Foto/AP
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengutuk keras serangan Israel di gedung diplomatik Iran di Damaskus, Suriah.

“Indonesia mengutuk keras serangan Israel terhadap gedung dan fasilitas diplomatik Iran di Damaskus,” tweet Kemlu Indonesia.

Pada Senin, Israel melancarkan serangan udara terhadap konsulat Iran di Damaskus, yang mengakibatkan bangunan tersebut hancur.

Belakangan, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mengonfirmasi serangan Israel terhadap gedung konsulat jenderal Iran di Damaskus Suriah menewaskan dua jenderal IRGC dan lima perwira.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amirabdollahian segera mengadakan percakapan telepon dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Hissein Brahim Taha dan meminta OKI mengambil tindakan segera terhadap Israel menyusul serangan udara Israel terhadap gedung konsulat jenderal Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, menurut Kementerian Luar Negeri Iran.

“Amirabdollahian … meminta OKI untuk mengambil tindakan yang tepat dan mendesak dalam menanggapi kejahatan rezim Israel ini,” tegas Kemlu Iran pada Senin.

Diplomat tinggi Iran juga mencatat serangan itu melanggar semua norma hukum internasional dan konvensi mengenai hubungan diplomatik dan konsuler, menurut pernyataan Kemlu Iran.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)