Rusia Meragukan Klaim AS tentang ISIS sebagai Dalang Teror Konser di Moskow

Senin, 25 Maret 2024 - 14:48 WIB
loading...
Rusia Meragukan Klaim AS tentang ISIS sebagai Dalang Teror Konser di Moskow
Rusia meragukan klaim AS bahwa ISIS bertanggung jawab dalam teror konser di Moskow. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia meragukan pernyataan Amerika Serikat (AS) bahwa kelompok ISIS bertanggung jawab atas serangan senjata di gedung konser di luar Moskow yang menewaskan 137 orang dan melukai 182 lainnya.

Dalam serangan paling mematikan di Rusia selama dua dekade, empat pria menyerbu Balai Kota Crocus pada Jumat malam, menyemprot orang dengan peluru tepat sebelum grup rock era Soviet, Picnic, membawakan lagu hitnya "Afraid of Nothing".

Empat pria, setidaknya satu orang Tajik, ditahan karena terorisme. Mereka muncul secara terpisah dan digiring ke dalam kurungan di pengadilan distrik Basmanny Moskow oleh petugas Dinas Keamanan Federal.

ISIS telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, sebuah klaim yang secara terbuka diyakini oleh Amerika Serikat, dan kelompok militan tersebut telah merilis apa yang mereka katakan sebagai rekaman serangan tersebut. Para pejabat AS mengatakan mereka memperingatkan Rusia mengenai intelijen mengenai serangan yang akan terjadi awal bulan ini.

Namun Presiden Vladimir Putin belum secara terbuka menyebutkan kelompok militan Islam tersebut terkait dengan para penyerang, yang menurutnya berusaha melarikan diri ke Ukraina.

Putin mengatakan beberapa orang di “pihak Ukraina” telah siap untuk menghalau orang-orang bersenjata di seberang perbatasan. Ukraina membantah terlibat dalam serangan itu dan Presiden Volodymyr Zelenskiy menuduh Putin berusaha mengalihkan kesalahan atas serangan gedung konser dengan merujuk ke Ukraina.

Baca Juga: 6 Negara Asia yang Rawan Gempa, Ada Indonesia?

Rusia pada Minggu mendakwa empat pria yang dikatakan bertanggung jawab atas penembakan sejumlah orang di sebuah konser di luar Moskow beberapa hari sebelumnya – serangan paling mematikan di Rusia dalam dua dekade.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mempertanyakan pernyataan AS bahwa ISIS, yang pernah menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah, berada di balik serangan tersebut.

"Perhatian - sebuah pertanyaan kepada Gedung Putih: Apakah Anda yakin itu ISIS? Bisakah Anda memikirkannya lagi?" Zakharova mengatakan dalam sebuah artikel untuk surat kabar Komsomolskaya Pravda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0831 seconds (0.1#10.140)