6 Daftar Perang yang Dijalani Prancis Saat Ini

Jum'at, 22 Maret 2024 - 14:42 WIB
loading...
6 Daftar Perang yang Dijalani Prancis Saat Ini
Militer Prancis saat ini terlibat operasi di berbagai negara, terutama di Afrika. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Prancis sedang di ambang perang dengan Rusia setelah negara NATO itu menyatakan siap perang dan tidak mengesampingkan opsi pengerahan pasukan ke Ukraina untuk membantu Kyiv.

Prancis, di bawah kepemimpinan Presiden Emmanuel Macron, secara sekilas terlihat sebagai negara damai dan tidak terlibat perang. Namun, sebenarnya militer negara itu sedang berperang di luar negeri, terutama di Afrika.



Daftar Perang yang Dijalani Prancis Saat Ini

1. Operasi Takuba


Perang atau operasi militer yang dikenal sebagai Operasi Takuba ini berlangsung di kawasan Sahel, Afrika Barat, untuk memerangi kelompok "jihadis".

Operasi ini diluncurkan pada bulan Juli 2020 sebagai bagian dari restrukturisasi kehadiran militer Prancis di wilayah Sahel.

Operasi Takuba berfokus pada pelatihan dan pendampingan pasukan militer lokal di Mali, Niger, dan Burkina Faso dalam memerangi terorisme.

Operasi Takuba melibatkan sekitar 1.500 pasukan dari 14 negara, termasuk Prancis, Estonia, Denmark, Swedia, Republik Ceko, dan Italia. Operasi ini dipimpin oleh Prancis.

2. Operasi Chammal


Operasi militer Prancis ini berlangsung di Irak dan Suriah. Diluncurkan pada tahun 2014, operasi ini untuk melawan ISIS di Irak dan Suriah.

Operasi tersebut masih berlangsung, tetapi Prancis telah mengurangi jumlah pasukannya di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)