Iran: Tindakan Sepihak AS Penyebab Masalah di Dunia

Rabu, 10 Oktober 2018 - 17:22 WIB
Iran: Tindakan Sepihak AS Penyebab Masalah di Dunia
Iran: Tindakan Sepihak AS Penyebab Masalah di Dunia
A A A
TEHERAN - Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani mengatakan, unilateralisme atau tindakan sepihak yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) adalah akar penyebab meningkatnya ketidakamanan di dunia.

Berbicara pada pertemuan ketiga para ketua Parlemen negara-negara Eurasia di kota Antalya, Turki, Larijani menyatakan, AS dengan tindakannya yang sembrono adalah sumber dari berbagai masalah di dunia.

Dia menuturkan, langkah-langkah sepihak oleh AS dalam menangani isu-isu global telah menciptakan masalah dan tantangan besar bagi komunitas internasional. Dia mencontohkan bagaimana AS secara sepihak mundur dari kesepakatan nuklir Iran.

"Tindakan egois, sepihak dan ilegal oleh pemerintah AS untuk menarik diri dari perjanjian nuklir multilateral yang ditandatangani antara Iran dan kekuatan dunia pada tahun 2015 dan untuk memaksakan sanksi "kejam" terhadap Iran menunjukkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan dari kemunculan unilateralisme dalam hubungan internasional," kata Larijani.

"Semua negara harus meningkatkan persatuan mereka dalam menghadapi tantangan-tantangan semacam ini ini," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Rabu (10/10).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4269 seconds (0.1#10.140)