Rusia Kerahkan Senjata Pengubah Permainan dalam Perang Ukraina

Rabu, 13 Maret 2024 - 07:01 WIB
loading...
Rusia Kerahkan Senjata Pengubah Permainan dalam Perang Ukraina
Pesawat pembom Su-34 membawa amunisi luncur FAB-500. Foto/Telegram/mod_russia
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia merilis rekaman pesawat pembom Su-34 yang menjatuhkan amunisi luncur FAB-500.

Senjata itu dipuji sebagai pengubah permainan dalam konflik Ukraina karena potensi kerusakan dan jangkauan serangannya hingga 80 km.

Dalam video yang tampak diambil dari kamera yang dipasang di sisi pesawat, terlihat beberapa bom dijatuhkan dan kemudian melebarkan sayapnya tak lama kemudian.



Bom-bom tersebut dilengkapi dengan modul perencanaan dan koreksi terpadu (UMPC), yang mengubah bom yang jatuh bebas menjadi amunisi luncur terpandu.

Bom udara FAB-500 dengan daya ledak tinggi yang terlihat dalam video masing-masing membawa muatan seberat 300 kilogram.

Sistem UMPC juga telah digunakan pada bom gravitasi udara Soviet lama lainnya seperti FAB-1500, senjata berbobot 1,5 ton, yang hampir setengahnya terdiri dari bahan peledak tinggi, untuk mengubahnya menjadi amunisi luncur yang sangat destruktif dan efektif.

Bom-bom modern ini telah terbukti “secara dramatis” efektif melawan pasukan Ukraina, sebagaimana dicatat para ahli Barat dan media seperti Washington Post dan CNN, karena pasukan Kiev tidak dapat bertahan secara efektif melawan amunisi semacam itu.

Dengan kemampuan mereka menempuh jarak jauh dengan akurat, bom yang dipasangi UMPC dapat ditembakkan dari jet Rusia jauh di luar jangkauan efektif sistem pertahanan udara Kiev yang ada, sehingga pasukan Ukraina tidak dapat bertahan melawan mereka.

Komandan Ukraina juga mencatat “kekuatan destruktif yang sangat tinggi” dari amunisi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)