Ini Rahasia Hamas Cs Mampu Melawan Israel Bertahun-tahun

Selasa, 12 Maret 2024 - 10:15 WIB
loading...
Ini Rahasia Hamas Cs Mampu Melawan Israel Bertahun-tahun
Prinsip pertahanan pasif menjadi rahasia kelompok perlawanan Palestina di Gaza, termasuk Hamas, hingga mampu melawan Israel selama bertahun-tahun. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Seorang analis militer Israel mengungkap rahasia tentang Hamas dan kelompok perlawanan Palestina lainnya di Gaza mampu berjuang melawan Israel hingga bertahun-tahun.

Analis Zionis tersebut, yang dikutip Al Jazeera tanpa disebutkan namanya, mengatakan Amerika Serikat (AS) juga memahami bahwa pertempuran di Gaza saat ini tidak dapat dimenangkan Israel, dan kemungkinan besar Washington juga mengetahui bahwa kebijakan Zionis yang membuat warga Palestina kelaparan adalah akibat langsung dari kegagalan mereka yang berulang kali terjadi di medan perang.

“Pada perang tahun 2006 dengan Hizbullah di Lebanon, kami menemukan hutan, namun kami tidak menemukan pepohonan, namun ketika kami memasuki Jalur Gaza, kami tidak menemukan hutan atau pepohonan," kata analis militer Israel tersebut mengacu pada kegagalan perang militer Zionis, seperti dikutip Palestine Chronicle, Selasa (12/3/2024).



Memang benar, dalam 157 hari perang yang paling merusak di Jalur Gaza yang kecil dan terkepung, tidak ada hutan atau pohon yang ditemukan. Tapi apa penjelasan logisnya? Singkatnya adalah "pertahanan pasif".

Pertahanan pasif inilah yang menjadi rahasia mengapa Hamas dan para sekutunya di Gaza mampu berjuang hingga bertahun-tahun ke depan.

Apa Itu Pertahanan Pasif?


Definisi dasar pertahanan pasif, menurut Merriam-Webster, adalah: “Pertahanan yang dirancang semata-mata untuk bertahan di tempat atau meminimalkan dampak serangan terhadap area, posisi, atau front tertentu.”

Ketika prinsip ini diterapkan di bidang militer, maka akan terlihat seperti ini: “Seperangkat tindakan yang diambil untuk mengurangi kerentanan dan meminimalkan potensi kerusakan yang disebabkan oleh serangan pasukan musuh”.

Jika Operasi Badai al-Aqsa pada 7 Oktober 2023 memang benar, seperti yang disetujui oleh banyak analis, termasuk warga Israel, adalah “operasi penipuan strategi terbesar” yang pernah dialami oleh militer Israel, yang menyebabkan kegagalan intelijen terbesar di negara tersebut, maka perang yang terjadi setelahnya adalah operasi pertahanan pasif terbesar yang pernah dilakukan dalam perang Timur Tengah mana pun.

Perubahan Taktik


Para pejuang Palestina di Gaza tidak hanya berhasil meredam guncangan awal dari senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya yang pernah digunakan oleh tentara mana pun selama beberapa dekade, namun juga berhasil memikat tentara Israel untuk melakukan berbagai penyergapan, yang berujung pada penghancuran tank Merkava dan kendaraan militer lain dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)