Kota di Palestina Beri Nama Jalan Aaron Bushnell, Penerbang AS yang Bakar Diri Bela Gaza

Senin, 11 Maret 2024 - 20:15 WIB
loading...
Kota di Palestina Beri Nama Jalan Aaron Bushnell, Penerbang AS yang Bakar Diri Bela Gaza
Peringatan dan protes diadakan di luar pusat perekrutan militer AS untuk penerbang AS Aaron Bushnell di New York City, 27 Februari 2024. Foto/Adam Gray/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Kota Jericho di Palestina menamai satu jalan dengan nama Aaron Bushnell, anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang tewas setelah membakar dirinya untuk memprotes “genosida” Israel di Gaza.

The Guardian melaporkan, Bushnell membakar dirinya di luar Kedutaan Besar Israel di Washington pada 25 Februari, sambil menyatakan dia “tidak lagi terlibat dalam genosida.”

Penerbang berusia 25 tahun itu menyiarkan langsung kejadian tersebut, dan terdengar berteriak “bebaskan Palestina” sambil membakar dirinya.

Petugas penegak hukum memadamkan api, namun Bushnell meninggal di rumah sakit beberapa jam kemudian.

Pada upacara peresmian papan nama jalan di Jericho, Wali Kota Abdul Karim Sidr menyatakan penerbang tersebut telah “mengorbankan segalanya” untuk warga Palestina.

“Kami tidak mengenalnya, dan dia tidak mengenal kami. Tidak ada ikatan sosial, ekonomi atau politik di antara kami. Apa yang kami bagikan adalah kecintaan terhadap kebebasan dan keinginan untuk melawan serangan-serangan ini (di Gaza),” ungkap pejabat tersebut kepada sekelompok orang yang berkumpul di Aaron Bushnell Road.

Jericho, situs bersejarah di Tepi Barat, sering dianggap sebagai pintu gerbang ke Palestina dan merupakan salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia.



Kota ini juga menamai satu alun-alun untuk menghormati Afrika Selatan, setelah pemerintahnya mengambil tindakan hukum yang menuduh Israel melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ), menurut artikel tersebut.

Afrika Selatan menuduh Israel melakukan tindakan genosida “sistematis” di Gaza. ICJ, yang belum mengeluarkan keputusan akhir, mengatakan pada Januari bahwa rezim kolonial Zionis harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah genosida dan meningkatkan kondisi kemanusiaan bagi warga sipil Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)