10 Misteri Penerbangan yang Belum Terpecahkan, Salah Satunya MH370

Kamis, 07 Maret 2024 - 10:10 WIB
loading...
10 Misteri Penerbangan yang Belum Terpecahkan, Salah Satunya MH370
MH370 merupakan salah satu misteri penerbangan yang belum terpecahkan. Foto/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Hilangnya maskapai penerbangan selalu menarik perhatian orang di seluruh dunia. Padahal, kecanggihan teknologi bisa mengetahui setiap sudut planet yang luas ini. Namun masih ada tempat di mana benda sebesar pesawat terbang bisa hilang tanpa jejak.

10 Misteri Penerbangan yang Belum Terpecahkan, Salah Satunya MH370

1. Penerbangan Malaysia Airlines (MH370)

10 Misteri Penerbangan yang Belum Terpecahkan, Salah Satunya MH370

Foto/Reuters

Melansir Civil Avition Academy, hilangnya Malaysia Airlines Penerbangan MH370 yang membawa 239 orang merupakan salah satu misteri penerbangan terbaru di dunia. Pesawat tersebut meninggalkan Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014, namun tidak pernah sampai di tujuannya.

Meskipun tim penyelamat menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mencari dasar laut dan Samudera Hindia di selatan, mereka tidak menemukan jejak dan akhirnya menghentikan pencarian.

2. Flying Tiger Line Flight 739, 1972

Pesawat lain yang hilang tanpa jejak terjadi pada tahun 1962 ketika Konstelasi Lockheed terbang melintasi Samudra Pasifik dengan 96 tentara dan 11 awak di dalamnya. Setelah melakukan salah satu misi pencarian dan penyelamatan terbesar dalam sejarah Pasifik, mereka tidak dapat menemukan jejak awak kapal yang hilang.

Ada spekulasi bahwa pesawat tersebut telah dibajak atau disabotase, namun tidak ada yang menemukan bukti yang mendukung teori tersebut.

Laporan mengenai bola api di atas laut yang dilakukan oleh beberapa pelaut di kapal tanker Liberia menunjukkan bahwa Penerbangan 739 mungkin meledak di udara. Namun, sekali lagi, hal tersebut tidak dikonfirmasi.

3. EgyptAir Flight 990, 31 Oktober 1999.

Pada tahun 1999 Egypt Air Flight Boeing 767 berangkat dari Los Angeles sebelum jatuh ke Samudera Atlantik. Seluruh 217 penumpang dan awak tewas. Otoritas Penerbangan Sipil Mesir mencurigai adanya kerusakan mekanis.

Meski begitu, Dewan Keselamatan dan Transportasi Nasional mengira pilot tersebut bunuh diri karena kata-kata terakhirnya adalah, “Saya mengandalkan Tuhan”. Ada banyak spekulasi dari para penganut teori konspirasi, tapi kita masih belum tahu apa yang terjadi.

4. Air France Flight 447, 1 Juni 2009.

Pada tanggal 1 Juni 2009, Air France Penerbangan 447 dari Rio de Janeiro ke Paris, bersama 216 penumpang dan 12 awak, hilang. Pesawat tidak berada dalam jangkauan radar, dan saat itu masih pagi dan gelap gulita. Ketika Airbus A330-200 menghilang di tengah lautan, Air France membutuhkan waktu enam jam untuk mengakui kehilangannya.

Setelah itu, semuanya menjadi misteri. Bahkan ketika beberapa reruntuhan ditemukan pada tahun 2011, tragedi tersebut masih belum terselesaikan. Belum ada sinyal bahaya meski pesawat terbang di tengah badai.

5. Penerbangan Angkatan Udara Uruguay 571, 13 Oktober – 23 Desember 1972.

Penerbangan 571 Angkatan Udara Uruguay jatuh di pegunungan Andes pada tahun 1972, membawa tim rugby Uruguay bersama teman dan keluarga mereka. Totalnya ada 45 orang. Karena mereka telah jatuh di Andes, kecil kemungkinannya bahwa penerbangan tersebut dapat diselamatkan, dan kemungkinan selamat diperkirakan tidak mungkin terjadi; pencarian dibatalkan setelah delapan hari. Namun demikian, kisah selanjutnya menginspirasi sebuah film pada tahun 1993 berjudul “Alive”.

Beberapa penumpang tewas akibat benturan, dan lainnya meninggal setelah kecelakaan karena cedera dan cuaca dingin. Ketika orang-orang terakhir yang selamat kehabisan makanan, mereka membuat keputusan buruk dengan memakan daging beberapa teman dan rekan satu tim mereka yang telah meninggal. Dua penumpang yang lebih kuat berhasil keluar dari pegunungan dan mendapatkan bantuan untuk 14 penumpang yang tersisa.

6. Star Dust Crash pada tahun 1947

Penerbangan lain yang hilang di Andes adalah Star Dust pada tahun 1947. Pesawat British South American Airways terbang dari Buenos Aires ke Santiago, tidak ditemukan sampai tahun 1990-an (sekitar 50 tahun kemudian) ketika puing-puingnya ditemukan di pegunungan.

Pada tahun 2000, bagian tubuh penumpang ditemukan terawetkan sempurna di es glasial.

7. Lady Be Good, 1943

Pada tahun 1943 Korps B-24 Angkatan Darat AS, Lady Be Good, tidak kembali ke pangkalannya di Libya, dan diperkirakan pesawat tersebut jatuh di Laut Mediterania. Namun, setelah dilakukan pencarian menyeluruh, tidak ada tanda-tanda pesawat hilang.

Pada tahun 1958 pesawat tersebut terlihat di Gurun Libya oleh sekelompok surveyor yang mengambil foto udara. Pesawat sempat jatuh namun selamat karena kondisi kering. Kru yang malang itu selamat dari kecelakaan itu dan mencoba keluar untuk mencari bantuan. Mayat mereka ditemukan bersama dengan buku harian kopilot yang mengungkapkan bahwa sembilan awak berhasil menyelamatkan diri dari pesawat sebelum jatuh. Para penyintas berhasil berjalan sejauh 85 kilometer sebelum mereka mulai sekarat. Delapan jenazah awak ditemukan, dan satu masih hilang.

8.Vancouver Douglas DC-4, 1951

Pada tahun 1951 di Vancouver, Douglas DC-4 berangkat dan direncanakan singgah di Bandara Anchorage, Alaska. Sayangnya, cuaca sangat buruk, jarak pandang hanya 500 kaki. Bandara mengeluarkan peringatan darurat, namun sudah terlambat bagi pesawat dan awaknya. Hingga saat ini, tidak ada jejak kapal dan penumpangnya.

9. Misteri Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda adalah salah satu misteri besar sepanjang masa. Ini adalah bagian dari Samudra Atlantik Utara Amerika Utara yang telah memakan korban lebih dari 50 kapal dan 20 pesawat terbang. Hilangnya pesawat secara misterius sepanjang abad ini telah memberikan gagasan kepada sebagian orang yang percaya takhayul bahwa daerah tersebut dikutuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)