5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

Rabu, 06 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak
Sufi berkembang dan terus menyebar ke berbagai negara. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Sufi menjadi aliran dalam Islam yang sudah berkembang sejak lama. Hingga kini, Sufi terus berkembang ke berbagai negara.

Asal muasal tasawuf sulit dilacak; Namun, para sejarawan meyakini Abd-Allah ibn Muhammad ibn al-Hanafiyyah adalah orang pertama yang memperkenalkan gagasan mistisisme dan asketisme ke dunia Islam. Tokoh terkemuka lainnya dalam sejarah Islam, seperti Rumi, Al-Ghazali, dan Amir Khusrau, juga membentuk praktik dan ideologi sufi.

Sufi terutama dipraktikkan di Afrika, Timur Tengah, dan Asia oleh lebih dari 300 juta Muslim. Tradisi sufi didasarkan pada persaudaraan, yang mendefinisikan kelompok sufi yang berbeda satu sama lain. Setiap persaudaraan terdiri dari sekelompok individu yang terhubung dengan Nabi Muhammad melalui silsila, bahasa Arab untuk rantai. Hakikatnya, jalinan persaudaraan sufi terjalin melalui rantai jabat tangan yang panjang, menghubungkan setiap sufi dengan Nabi Muhammad SAW.

5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

1. Mesir

5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

Foto/Reuters

Pembantaian di sebuah masjid di Semenanjung Sinai Mesir pada 2017 yang merenggut lebih dari 300 nyawa telah memusatkan perhatian pada Muslim Sufi, yang menjadi sasaran serangan mematikan tersebut.

Sering digambarkan sebagai mistisisme Islam, Sufi menekankan pencarian batin akan Tuhan dan penolakan terhadap hal-hal duniawi. Para sufi secara teratur mengunjungi tempat suci "Ahl al-Bayt" (keluarga Nabi Muhammad), dan "walis" (orang yang dianggap disukai oleh, atau "sahabat" Tuhan), dan menghadiri festival yang merayakan ulang tahun mereka.

Melansir BBC, di Mesir, terdapat sekitar 15 juta sufi yang mengikuti 77 “turuq” (perintah). Ordo terbesar adalah al-Rifaaiya, yang memiliki sekitar dua juta pengikut, dan al-Azmiya, yang memiliki sekitar satu juta pengikut. Ada ribuan masjid di negara ini yang menjadi tempat para sufi beribadah, meski tidak semua jamaahnya adalah sufi.

Sayangnya, kelompok Salafi dan jihad memusuhi kaum Sufi. Mereka melarang pengikutnya untuk salat di masjid-masjid yang terkait dengan tasawuf, dan menganggap nyanyian dan tempat suci sebagai hal yang bertentangan dengan doktrin agama.

Sebuah afiliasi dari kelompok jihad Negara Islam (ISIS) yang berbasis di Sinai utara telah melancarkan kampanye melawan kaum Sufi selama setahun. Pada bulan November 2016, mereka memenggal kepala Syekh Suleiman Abu Harraz, seorang tokoh sufi terkemuka yang berusia 98 tahun, setelah menculiknya dari rumahnya di kota El-Arish.

Para pemimpin tarekat Sufi sering menjalin hubungan persahabatan dengan pemerintah Mesir. Pada tahun 1960-an, mereka bekerja sama dengan Presiden nasionalis Gamal Abdel Nasser, dan berupaya meningkatkan popularitasnya di kalangan pengikut mereka. Kerja sama ini berlanjut di bawah penerus Nasser, Anwar Sadat dan Hosni Mubarak.

Setelah revolusi tahun 2011 yang menggulingkan Mubarak, mereka memasuki dunia politik dengan partai Sufi Pembebasan Mesir. Partai tersebut bergabung dengan Blok Mesir yang liberal dan anti-Islamis pada pemilihan legislatif November 2011.

Para pemimpin sufi juga mendukung penggulingan Presiden Islamis Mohammed Morsi oleh militer pada tahun 2013 menyusul protes massal terhadap pemerintahannya, dan kemudian mendukung mantan panglima militer Abdul Fattah al-Sisi dalam keberhasilan pencalonannya sebagai presiden pada tahun 2014.


2. Tunisia

5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

Foto/Reuters

Melansir Folklide, di Tunisia, Sudi diasosiasikan dengan dengan musik mempunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Sufi adalah kumpulan praktik dan keyakinan kebaktian Islam yang menekankan kedekatan pribadi dengan Tuhan, dengan segudang ekspresi di seluruh dunia. Sufisme berakar kuat pada budaya Tunisia. P

engajian dan nyanyian adalah ibadah yang penting dalam komunitas Islam global, terutama menjelang hari libur, dan merupakan bagian dari kehidupan mingguan atau bahkan sehari-hari bagi sebagian Muslim Tunisia. Musik, nyanyian (dzikir), dan suara berirama merupakan inti dari pengabdian Sufi, membantu kontemplasi dan memicu pengalaman luar biasa menjadi lebih dekat dengan Tuhan, sering kali melalui trance (wajd).

Setiap tarekat atau tarekat sufi (jalan atau jalan) memiliki kumpulan lagu zikir, teks renungan, dan nyanyiannya sendiri. Banyak dari rangkaian lagu-lagu ini terjalin selama Mouled seperti halnya banyak tokoh suci Sufi yang terjalin ke dalam sejarah Tunisia melalui pendirian sekolah, kota, pasar, rumah sakit, dan memimpin gerakan perlawanan kolonial.
“Musik sufi mengalami kebangkitan dalam beberapa tahun terakhir,” kata Ali ben Said, salah satu penyelenggara festival. “Musik membawa Anda pada perjalanan melalui waktu dan tempat yang tidak Anda ketahui dan membantu Anda menemukannya, menemukan jiwa Anda, dan memberi Anda wahyu tentang diri Anda sendiri. Ia memiliki cara untuk menuntun Anda menuju kebajikan dan cinta kasih, dan menjauhi kebencian dan diskriminasi. Musik sufi adalah seni yang membawa Anda ke dunia roh. Itu adalah percakapan dengan jiwa dan pikiran, karena menjauhkan pendengar dari materi musik yang disajikan sekarang.”

Selain musik, di Tunisia, Sufi juga diasosiasikan dengan makan orang Saleh. Misalnya di makam Sufi Sidi Mehrez di kota tua Tunis, aula ditandai dengan keheningan yang tenang saat pengunjung melewati ambang pintu. Beberapa orang berhenti untuk minum dari sumur kuil, yang diyakini membawa berkah.

“Sidi Mehrez adalah ulama pelindung Madinah. Dia disebut 'Sultan Madinah'. Saya tidak mungkin melewati jalan ini dan tidak mengunjungi makamnya dan membaca Al-Fatiha dalam jiwanya,” kata Naima, seorang pengunjung kuil. Sidi Mehrez adalah salah satu dari banyak sufi terkenal di Tunisia yang tempat sucinya sangat dihormati oleh orang Tunisia. Sidi Belhassen al-Chedly terletak di puncak bukit yang menghadap ke pemakaman Djellaz.

Warga Tunisia menghormati kesucian tempat suci Sufi dan terus merayakan ritual tempat suci tersebut meskipun baru-baru ini ada serangan dari kelompok ekstremis agama. Baik dalam pembicaraan sehari-hari atau kebiasaan sehari-hari, masyarakat Tunisia bersumpah demi orang-orang suci dan meminta restu mereka ketika menghadapi rintangan.

Pada tahun 2012, kelompok radikal salafi menghancurkan lebih dari 40 tempat suci Sufi, mengklaim bahwa para Sufi dan pengikutnya adalah orang-orang kafir yang tidak menghormati Islam.

3. Maroko

5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

Foto/Reuters

Melansir Arab America, budaya sufi di Maroko merupakan salah satu aspek kekayaan warisan negara yang menawan dan mengakar kuat. Mengambil dari tradisi mistik Islam, tasawuf di Maroko menawarkan jalan spiritual yang berupaya melampaui dunia material dan membangun hubungan langsung dengan Tuhan. Melalui praktik seperti meditasi, nyanyian, dan tarian gembira, para sufi di Maroko berusaha mencapai pencerahan batin dan rasa kesatuan yang mendalam dengan Tuhan.

Beberapa aliran sufi di Maroko seperti Boutchichiya. Persaudaraan Boutchichiya berasal dari Madagh, sebuah kota yang terletak di timur Maroko. Persaudaraan ini, yang dimulai oleh Jamal al Qadiri al Boutchichi pada abad ke-5, dianggap sebagai tarekat sufi paling berpengaruh di Maroko. Menteri Wakaf Agama dan Urusan Islam Maroko saat ini, Ahmed Toufiq, berasal dari ordo Boutchichiya.

Kemudian, Aissawa didirikan di Meknes, Maroko, Persaudaraan Aissawa memainkan peran penting dalam dunia seni tradisional Maroko. Tarekat ini didirikan oleh Muhammad Ben Issa pada abad ke-15, yang pada masanya dijuluki Syekh al Kamil, bahasa Arab untuk “Guru Sufi yang Sempurna.” Saat ini, Persaudaraan Aissawa dikenal karena pengaruhnya terhadap tradisi musik religius Maroko. Musik Aissawa merupakan bagian integral dari perayaan keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan Idul Maulid di seluruh Maroko.

4. Turki

5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

Foto/Reuters

Turki merupakan negara yang tak bisa dilepaskan dari dunia Sufi. Melansir Eurasianet, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan besar dalam minat terhadap tasawuf di kalangan masyarakat perkotaan Turki yang berpikiran sekuler. Hampir setiap saluran televisi kini mempunyai acara tentang ilmu kebatinan Islam. Di toko-toko buku, hanya buku-buku yang menjual teori konspirasi yang terjual lebih banyak daripada buku-buku dasar mistisisme Islam dan terjemahan baru Ibn-i Arabi.

Ketertarikan terhadap tasawuf melonjak tahun lalu, ketika novelis Elif Safak, yang paling dikenal di Barat karena diadili pada tahun 2006 karena salah satu karakter fiksinya diduga “menghina Turki,” menerbitkan buku barunya tentang penemuan Rumi oleh seorang wanita Yahudi Amerika, yang Pendiri ordo darwis berputar Mevlevi pada abad ke-13. Rumi, yang lahir pada tahun 1207 di wilayah yang sekarang menjadi bagian Tajikistan, menghabiskan sebagian besar hidupnya di Turki saat ini. Ajarannya menawarkan beberapa wawasan terbaik mengenai praktik sufi yang pernah ditulis.

Dalam beberapa hal, gelombang ketertarikan ini cukup mengejutkan. Di Turki, sejak berdirinya Republik Turki, propaganda resmi menampilkan tarekat mistik, atau tarikat, sebagai kekuatan "reaksioner" utama yang menentang sekularisme. Bahkan saat ini, banyak orang Turki yang sekuler menanggapi kata tarikat dengan seringai tidak suka.

Namun, sejak tahun 1990an, ketakutan sekuler semakin berpusat pada politik Islam. Para analis berpendapat, semakin banyak aliran mistisisme, termasuk tasawuf, yang dipandang sebagai alternatif moderat. “Selama bertahun-tahun, ketika dihadapkan pada kelompok Islam yang mengatakan kepada mereka bahwa orang yang tidak salat lima kali sehari bukanlah Muslim, masyarakat Turki sekuler akan membela diri dengan mengatakan bahwa hal yang penting adalah 'hati yang bersih',” kata jurnalis Murat Yalniz. “Mereka menemukan pesan serupa dalam tasawuf.”

Seorang peneliti tasawuf, Seyit Erkal mengatakan minat baru di kalangan kelompok sekuler perkotaan, yang sering digambarkan sebagai 'Orang Turki Putih', hanyalah masalah pencitraan. “Islam di Turki telah lama dianggap jahat, kotor dan primitif, dan beralih ke agama bukanlah hal yang mudah bagi masyarakat perkotaan,” katanya. "Kamu lebih suka yang mana? Jenggot, kopiah, dan dogmatisme, atau slogan Rumi 'ayo, siapa pun kamu?'"

Dilarang oleh para pemimpin sekuler Republik pada tahun 1925, Islam mistis tidak pernah hilang dari Turki. Bisa dibilang, ordo mistik Nakshibendi yang ortodokslah yang paling berperan dalam mengubah Islam menjadi kekuatan politik seperti di Turki saat ini. Namun, sejak tahun 1960-an, tasawuf semakin mendapat tentangan dari Islam radikal, yang dipupuk oleh keyakinan puritan Salafi yang sebagian besar diimpor dari Mesir.

Kelompok Islam radikal menganggap hubungan sufi antara syekh dan mukmin sebagai penyembahan berhala, menurut Ismail Kara, profesor pemikiran Islam di Universitas Marmara di Istanbul. Seperti generasi Islam modernis sebelumnya, mereka juga melihat persaudaraan mistik sebagai salah satu alasan utama mengapa dunia Islam tidak bisa mengimbangi Barat. “Islamisme adalah kritik terhadap sejarah Islam,” jelas Kara. “Kaum Islamis sengaja melakukan upaya untuk melepaskan diri dari tradisi dan masa lalu. Mereka melihat tarikat [ordo mistik] menghalangi upaya mereka untuk kembali ke sumbernya dan memulai lagi.”

5. Aljazair

5 Negara dengan Penganut Sufi Terbanyak

Foto/Reuters

Sufi dianggap sebagai bagian penting dari Islam di Aljazair. Sufisme pernah diperangi dan ditindas oleh kaum Salafi, dan kini kembali mendapatkan pengaruhnya seperti sebelum Perang Saudara Aljazair.

Sufi mempunyai pengaruh yang besar terhadap masyarakat perkotaan dan pedesaan Aljazair. Tasawuf merupakan bagian dari Aljazair sejak 1400 tahun yang lalu, sehingga dikenal sebagai "Rumah Sufi Marabouts". Sebagian besar penduduk Aljazair adalah pengikut dan murid tasawuf.

Sufisme telah membentuk masyarakat dan politik Aljazair sepanjang sejarah negara tersebut. Saat ini, sangat sedikit yang menyadari warisan ini. Mungkinkah kaum sufi kini memberikan kontribusi penting bagi stabilitas negara.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0794 seconds (0.1#10.140)