20 WNI Selamat dari Kapal Kandas di Jepang, Proses Evakuasi Sangat Menegangkan

Selasa, 05 Maret 2024 - 17:20 WIB
loading...
20 WNI Selamat dari Kapal Kandas di Jepang, Proses Evakuasi Sangat Menegangkan
Helikopter penjaga pantai melayang di atas perahu nelayan yang miring, untuk menyelamatkan mereka, di lepas pantai Kozushima, barat daya Tokyo, 4 Maret 2024. Foto/Penjaga Pantai Jepang/AP
A A A
TOKYO - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo telah menerima informasi dari Japan Coast Guard (JCG) di Shimoda, Shizuoka, mengenai kecelakaan Kepala Penangkap Ikan Tuna, Fukuei-maru nomor 8, yang kandas di Kepulauan Izu, Tokyo, Jepang pada 3 Maret 2024.

“Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Kagoshima di Prefektur Kagoshima dengan jumlah total kru 25 orang yg terdiri atas 1 kapten, 2 orang officer serta 22 ABK. Dari ke-25 orang tersebut, 20 di antaranya WNI,” papar pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di Jakarta.

Kemlu menambahkan, “Seluruh WNI/ABK selamat dan telah dievakuasi menggunakan helikopter JCG Shimoda ke Rumah Sakit terdekat di Kozushima, Tokyo. Satu orang luka, namun sudah dalam perawatan.”

“KBRI telah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta JCG Shimoda dan akan berkoordinasi untuk langkah-langkah ke depan. Sementara ini seluruh WNI akan diantarkan ke KBRI Tokyo pada tanggal 7 Maret untuk disiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan,” papar pernyataan Kemlu RI.

Sementara itu, media Jepang, Asahi, melaporkan helikopter penjaga pantai Jepang menyelamatkan 24 awak kapal saat mereka mati-matian berpegangan pada dek kapal yang setengah tenggelam dan miring, dihantam gelombang tinggi pada Senin pagi (4/3/2024) di lepas pantai barat daya Tokyo.

Salah satu awak kapal yang terlempar dari kapal ke laut yang ganas sebelum kedatangan tim penyelamat, ditemukan tewas.

“Fukuei Maru No.8 terhenti karena kerusakan mesin pada Minggu malam di Samudra Pasifik, sekitar lima jam setelah meninggalkan Pelabuhan Yaizu di Jepang tengah, dalam perjalanan ke Amerika Selatan untuk memancing tuna,” menurut pernyataan penjaga pantai Jepang.

“Kapal tersebut tampaknya terhanyut di laut yang ganas dan tertiup angin kencang, dan kapten kapal mengirimkan sinyal bahaya sekitar lima jam kemudian, mengatakan kapalnya menabrak batu karang,” papar penjaga pantai.



Dikatakan bahwa dalam waktu dua jam setelah tim penyelamat tiba di lokasi kejadian, kapal melaporkan satu awak hilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)