Mengapa Uni Eropa Menjatuhkan Sanksi pada Perusahaan China dan India Terkait Bisnis dengan Rusia?

Kamis, 29 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
China memperingatkan bahwa sanksi ini akan berdampak buruk pada hubungan ekonomi dan perdagangan China-UE.

Namun, Ahmadi mengatakan tanggapan China – seperti halnya sanksi Uni Eropa – sebagian besar bersifat simbolis.

“Ini adalah sesuatu yang China rasa harus ditanggapi,” kata Ahmadi. Namun, dia menambahkan bahwa hanya perusahaan mikroteknologi China yang terkena dampaknya, dan hal ini tidak terlalu berdampak pada China.

Jika UE berusaha menjatuhkan sanksi terhadap bank-bank besar China, hal ini kemungkinan besar akan berdampak signifikan terhadap perekonomian global. Namun, Ahmadi berkata, “Saya kira negara-negara Eropa atau Amerika belum siap untuk melakukan tindakan sejauh itu, meskipun mereka mungkin siap, ini mungkin satu-satunya cara untuk menghentikan transshipment melalui China.”

5. India Pun Kecewa

Mengapa Uni Eropa Menjatuhkan Sanksi pada Perusahaan China dan India Terkait Bisnis dengan Rusia?

Foto/Reuters

Si2 Microsystems Pvt Ltd, yang berbasis di Bengaluru India, merupakan tambahan baru dalam daftar sanksi pada hari Jumat.

Si2 merancang sirkuit terpadu untuk industri komersial, militer, dan luar angkasa dan telah bermitra dengan Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi (Meity) India dan Institut Teknologi India Madras yang didanai negara, sebagai bagian dari upaya untuk meneliti pembuatan chip dengan silikon inti prosesor fotonik.

Perusahaan ini memproduksi chip untuk komputasi kuantum dan avionik di antara sektor-sektor lainnya dan telah mengklaim Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), General Electric dan IBM sebagai pelanggan lamanya, menurut siaran pers pemerintah dan penerbit teknologi global, The Register.

Sanksi UE tidak merinci secara spesifik Si2 apa yang diyakini telah membantu Rusia, namun para ahli menduga Si2 dituduh memfasilitasi pengiriman semikonduktor ke Moskow. Banyak sistem senjata modern bergantung pada semikonduktor.

India adalah mitra strategis dekat UE dan Amerika Serikat. Meskipun mereka telah membeli bahan bakar fosil paling banyak dari Rusia sejak awal perang, setelah China, negara-negara Barat, hingga saat ini, menghindari menargetkan New Delhi atau entitas India.

6. Membangun Aliansi Melawan Rusia

Mengapa Uni Eropa Menjatuhkan Sanksi pada Perusahaan China dan India Terkait Bisnis dengan Rusia?

Foto/Reuters

Diadopsi pada tanggal 31 Juli 2014, Peraturan Dewan Eropa 833/2014 menyatakan bahwa “dilarang menjual, memasok, mentransfer atau mengekspor, secara langsung atau tidak langsung, barang dan teknologi dengan penggunaan ganda” ke Rusia atau untuk digunakan di Rusia. Kesepakatan ini diadopsi setelah aneksasi Rusia atas Krimea dan dukungan Kremlin terhadap gerakan separatis di Ukraina timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)