Bukti Baru Dukung Temuan PBB: Al-Qaeda Peliharaan Teheran

Kamis, 16 Agustus 2018 - 06:01 WIB
Bukti Baru Dukung Temuan PBB: Al-Qaeda Peliharaan Teheran
Bukti Baru Dukung Temuan PBB: Al-Qaeda Peliharaan Teheran
A A A
NEW YORK - Sebuah laporan PBB menyebutkan bahwa ISIS masih memiliki 30 ribu anggota yang didistrubusikan hampir sama di Suriah dan Iran serta didukung oleh organ al-Qaeda, yang telah menjadi lebih kuat di beberapa tempat karena meningkatnya dukungan Iran.

Laporan yang disiapkan oleh para ahli PBB dan akan disajikan kepada Dewan Keamanan PBB itu mengungkapkan meskipun kalah, ada kemungkinan "tiruan rahasia" ISIS akan ada di kedua negara dengan pendukung di Afghanistan, Libya, Asia Tenggara dan Afrika Barat.

Para ahli mengatakan jaringan global al-Qaeda jauh lebih kuat daripada di beberapa lokasi, termasuk Somalia, Yaman, Asia Selatan dan kawasan Sahel Afrika.

Para ahli mengatakan para pemimpin al-Qaeda di Iran telah menjadi lebih mampu dan bekerja dengan pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahri. Mereka juga menyoroti otoritas al-Zawahiri yang lebih efektif daripada sebelumnya, khususnya berkaitan dengan peristiwa di Suriah.

Seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (16/8/2018), laporan para ahli PBB tentang dukungan Iran yang meningkat untuk al-Qaeda memperkuat beberapa dokumen. Laporan itu juga menyatakan bahwa Iran bekerja untuk menyatukan ISIS dan kantongnya di Suriah untuk merehabilitasi serta membangun al-Qaeda dengan menggunakan hubungan strategis dan historisnya dengan para pemimpin organisasi itu.

Sebuah laporan yang diterbitkan Sunday Times pada bulan Januari oleh Adrian Levy dan Cathy Scott-Clarke mengatakan bahwa al-Qaeda hari ini telah membangun kembali dirinya sendiri ke titik di mana ia dapat memanggil puluhan ribu elemen dengan bantuan Iran.

Teheran bekerja untuk mencaplok sisa-sisa al-Qaeda, berkoordinasi dengan para pemimpin militer al-Qaeda yang telah melakukan perjalanan ke Damaskus untuk mengumpulkan pejuang ISIS dan mendirikan "pangkalan baru" yang serupa dengan para Pengawal Revolusioner dan milisi Hizbullah.

Adrian Levy dan Kathy Scott-Clarke telah mengkonfirmasi bahwa komandan pasukan elit Quds, yang berafiliasi dengan Korps Garda Revolusi Iran, Qassim Suleimani, telah memainkan peran yang paling menonjol dalam mengelola hubungan dengan al-Qaeda.

Suleimani memberikan perlindungan bagi keluarga Osama bin Laden dan pemimpin al-Qaeda setelah mereka melarikan diri dari Afghanistan pada tahun 2001. Ia juga membangun kompleks perumahan di jantung kamp pelatihan Garda Revolusi di Teheran.

Dukungan dan pendanaan Iran memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali al-Qaeda. Kelompok ini hanya memiliki 400 anggota ketika melakukan serangan 11 September di Amerika Serikat pada tahun 2001. Organisasi itu kemudian terfragmentasi karena invasi AS ke Afghanistan, tetapi pulih dengan munculnya kelompok ISIS pada tahun 2013.

Menurut Sunday Times, Qassim Suleimani, menggunakan hubungannya dengan al-Qaeda dalam manuvernya. Kelompok teroris itu digunakan untuk bermain di semua sisi konflik agar Iran tetap berada di garis terdepan dengan menggunakan semua kartu kelompok ekstremis.

Menurut laporan itu, di antara bukti, catatan yang tidak diterbitkan dan wawancara dengan anggota senior al-Qaeda dan keluarga Osama bin Laden menunjukkan bagaimana Suleimani menguasai hubungan dengan organisasi ekstremis itu, yang digambarkan oleh lingkaran resmi Iran sebagai "teroris takfiri."

Laporan itu menambahkan bahwa para pemimpin militer al-Qaeda telah ditempatkan di Teheran hingga 2015, ketika Suleimani mengirim lima dari mereka ke Damaskus, termasuk Mohammed al-Masri, dengan tugas menghubungi pejuang dan pemimpin ISIS, untuk mendorong mereka untuk membelah dan bersatu dengan al-Qaeda menurut laporan intelijen AS.

Laporan-laporan ini membenarkan bahwa al-Masri adalah perencana operasional yang paling berpengalaman dan cakap di kalangan non-tahanan di Amerika Serikat atau di negara sekutu mana pun.

Informasi itu menambahkan bahwa koordinasi antara pemimpin al-Qaeda dan ISIS adalah melalui komandan militer ISIS Saif al-Adl. Ia adalah seorang mantan kolonel tentara Mesir yang masuk ke deretan besar dengan pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri. Ia berkeinginan menyatukan al-Qaeda dan ISIS bertempur di Suriah. Tetapi Saif al-Adl memerintahkan para pejuangnya untuk menunggu sampai ISIS dikalahkan.

Para ahli percaya bahwa hubungan Iran sebagai rezim Syiah dengan organisasi ekstrim Sunni seperti al-Qaeda dan bahkan hubungan politik dan militer Teheran dengan Hamas dan Jihad Islam, serta Ikhwanul Muslimin, tidak musiman, seperti yang dibayangkan beberapa orang.

Ideologi rezim Khomeini dipengaruhi oleh cendekiawan Ikhwanul Muslimin Sayyid Qutb, yang darinya kelompok-kelompok Syiah pro-Teheran seperti Hizbullah di Lebanon dan sisa milisi di Irak, Suriah, Afghanistan dan Yaman telah mengadopsi konsep "jihad", karena itu adalah ideologi dan historis serta pertemuan kepentingan politik, yang membuat hubungan antara rezim Iran dan kelompok ekstrimis Sunni memiliki hubungan permanen.

Sementara itu, dokumen-dokumen Abottabad yang diperoleh oleh pasukan AS dari tempat persembunyian pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden setelah pembunuhannya pada 2011 di Pakistan dan diterbitkan oleh CIA November lalu mengungkapkan rincian bagian dari hubungan Iran dengan al-Qaeda.

Dari 470 ribu dokumen yang diperoleh dari tempat persembunyian bin Laden, 19 dikhususkan untuk arsip besar dari hubungan profil tinggi al-Qaeda dengan pemerintah Iran.

Seorang anggota senior al-Qaeda mengatakan dalam sebuah surat bahwa Iran siap untuk menyediakan semua yang dibutuhkan al-Qaeda, termasuk dana dan senjata, dan kamp pelatihan untuk Hizbullah di Lebanon sebagai imbalan bagi kelompok teroris yang menyerang kepentingan AS di Arab Saudi dan Teluk. Hal itu menurut penyelidikan yang dilakukan oleh Thomas Jocelyn dan Bill Rajev dari Institut Pertahanan Demokrasi tentang rincian 19 halaman dari hubungan al-Qaeda dengan Iran, dari dokumen Abottabad.

Menurut dokumen itu, dinas intelijen Iran, dalam beberapa kasus, memfasilitasi penerbitan visa untuk unsur-unsur al-Qaeda yang bertugas melakukan operasi, dan pada saat yang sama telah menempatkan kelompok-kelompok lain.

"Dinas intelijen Iran setuju untuk memberikan operator al-Qaeda dengan visa dan fasilitas dan untuk melindungi anggota al-Qaeda lainnya," kata dokumen lain, yang dinegosiasikan dengan Abu Hafs al-Mauritani, seorang anggota al-Qaeda yang berpengaruh, sebelum serangan teroris 11 September.

Tahun lalu, sebuah pengadilan AS di New York mendenda Iran karena bekerja sama dengan al-Qaeda dalam serangan 11 September dengan USD10,7 miliar dan denda lain sebesar USD21 miliar untuk keluarga korban pemboman Amerika di Arab Saudi, Libanon dan Kuwait yang dilakukan oleh sel Pengawal Revolusi Iran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3606 seconds (0.1#10.140)