Satelit Spionase Korea Utara Aktif dan Terus Bermanuver

Rabu, 28 Februari 2024 - 14:48 WIB
loading...
Satelit Spionase Korea Utara Aktif dan Terus Bermanuver
Satelit Korut masih aktif dan terus bermanuver. Foto/Reuters
A A A
PYONGYANG - Satelit mata-mata pertama Korea Utara "hidup" dan terus bermanuver. Itu diungkapkan Marco Langbroek, pakar satelit di Universitas Teknologi Delft di Belanda.

Langbroek telah mendeteksi perubahan dalam orbitnya yang menunjukkan bahwa Pyongyang berhasil mengendalikan pesawat ruang angkasa tersebut - meskipun kemampuannya masih belum diketahui.

Setelah dua kegagalan besar, Korea Utara berhasil menempatkan satelit Malligyong-1 di orbit pada bulan November. Media pemerintah Pyongyang mengklaim mereka telah memotret situs militer dan politik sensitif di Korea Selatan, Amerika Serikat, dan negara lain, namun belum merilis gambar apa pun. Pelacak radio independen belum mendeteksi sinyal dari satelit.

“Tetapi sekarang kami dapat dengan pasti mengatakan bahwa satelit tersebut hidup,” tulis Marco Langbroek, pakar satelit di Universitas Teknologi Delft di Belanda, dalam sebuah postingan blog.



Dari tanggal 19-24 Februari, satelit tersebut melakukan manuver untuk menaikkan perigee, atau titik terendah dalam orbitnya, dari 488 km menjadi 497 km, kata Langbroek, mengutip data dari Pusat Operasi Luar Angkasa Gabungan yang dipimpin oleh AS.

“Manuver tersebut membuktikan bahwa Malligyong-1 tidak mati, dan bahwa Korea Utara memiliki kendali atas satelit tersebut – sesuatu yang masih diperdebatkan,” katanya.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pada hari Senin, Menteri Pertahanan Shin Won-sik mengatakan satelit tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda melakukan tugas lain atau melakukan pengintaian.

“Meskipun saat ini kami tidak dapat memastikan apakah satelit tersebut berhasil mengambil citra, setidaknya satelit tersebut melakukan manuver orbital, jadi dalam hal ini satelit tersebut berfungsi,” tulis Langbroek tentang komentar Shin.

Manuver peningkatan orbit ini merupakan kejutan karena kehadiran sistem propulsi di dalamnya tidak terduga, dan satelit-satelit Korea Utara sebelumnya tidak pernah bermanuver, katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)