5 Negara Komunis yang Mendukung Gaza

Rabu, 21 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
5 Negara Komunis yang Mendukung Gaza
Lima negara komunis mendukung perjuangan Gaza di Palestina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Dulu, sekitar sepertiga penduduk dunia hidup di bawah pemerintahan komunis, terutama di republik-republik Uni Soviet. Saat ini komunisme adalah bentuk pemerintahan resmi hanya di lima negara: China, Korea Utara, Laos, Kuba, dan Vietnam. Tapi, kelima negara tersebut memberikan dukungan penuh kepada Palestina yang berperang melawan Israel di Gaza.

Kepedulian dan dukungan negara komunis tersebut kepada Palestina menunjukkan mereka menentang bentuk penjajahan. Selain itu, mereka juga memiliki sikap yang berbeda dengan Amerika Serikat dan sekutunya.

5 Negara Komunis yang Mendukung Gaza

1. Kuba

5 Negara Komunis yang Mendukung Gaza

Foto/Reuters

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel memberikan dukungan penuh dengan Palestina. Itu dibuktikan dengan banyak aksi demonstrasi pro-Palestina di Kuba dan mengecam Israel.

Bukan hanya retorika semata, tetapi bantuan pendidikan bagi warga Palestina

Kuba menerima 144 mahasiswa Palestina yang belajar kedokteran di Kuba di Istana Revolusi di Havana, termasuk 53 mahasiswa dari Jalur Gaza, pada 2022 lalu.

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan besar untuk dapat merangkul mereka semua… Negara kami berdiri dan akan terus mendukung perjuangan persaudaraan rakyat Palestina,” kata Diaz-Canel pada pertemuan tersebut. Dia menambahkan bahwa negaranya telah memberikan teladan terbaik. solidaritas internasional di dunia seiring dengan praktik solidaritas sejati dan pembelaan kemanusiaan, tidak hanya dalam kata-kata namun juga dalam perbuatan.

Canel menekankan bahwa pemuda Palestina di Kuba “belum kehilangan akarnya, namun sebaliknya, melalui perasaan dan kisah hidup yang mereka bagikan kepada kami, mereka juga mengungkapkan keyakinan teguh mereka untuk membela tanah air mereka.”


2. Korea Utara

5 Negara Komunis yang Mendukung Gaza

Foto/Reuters

Wall Street Journal melaporkan pada November 2023 bahwa Kim Jong-un, pemimpin tertinggi Korea Utara, memerintahkan para pejabatnya untuk mendukung Palestina. Dia juga memerintakan penjualan senjata kepada Hamas.

Pada akhir tahun lalu, media Barat melaporkan pejuang Hamas kemungkinan besar menembakkan senjata Korea Utara selama serangan mereka pada 7 Oktober terhadap Israel, seperti yang ditunjukkan dalam video dan senjata yang disita oleh Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)