Hamas Sebut Tentara AS Bakar Diri demi Gaza Heroik, Menyamakannya dengan Rachel Corrie

Rabu, 28 Februari 2024 - 11:18 WIB
loading...
Hamas Sebut Tentara AS Bakar Diri demi Gaza Heroik, Menyamakannya dengan Rachel Corrie
Aaron Bushnell, tentara Angkatan Udara AS yang bakar diri di luar Kedubes Israel di Washington DC untuk membela Palestina, dinyatakan tewas. Foto/Democracy Now!
A A A
GAZA - Hamas menyatakan belasungkawa kepada keluarga dan teman Aaron Bushnell, tentara Amerika Serikat (AS) yang tewas membakar diri di luar Kedutaan Israel di Washington.

Aksi tentara aktif Angkatan Udara Amerika pada hari Minggu itu sebagai protes atas invasi brutal Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Hamas, yang menyebut aksi Bushnell "heroik", mengatakan pemerintah AS harus bertanggung jawab atas kematiannya.

Dalam sebuah pernyataan di Telegram, Hamas menyatakan solidaritasnya dengan keluarga tentara AS pembela rakyat Palestina tersebut.



"Dia mengabadikan namanya sebagai pembela nilai-nilai kemanusiaan dan penindasan terhadap rakyat Palestina yang menderita karena pemerintahan Amerika dan kebijakannya yang tidak adil," kata Hamas dalam pernyataan sebagaimana dikutip Palestine Chronicle, Rabu (28/2/2024).

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa Bushnell telah membayar dengan nyawanya untuk menyoroti “pembantaian dan genosida Zionis Israel” terhadap rakyat Palestina.

Hamas lebih lanjut memuji Bushnell sebagai pembela perjuangan Palestina. Mereka menyamakan Bushnell dengan aktivis AS Rachel Corrie, yang tewas digilas buldoser militer Israel pada tahun 2003 ketika mencoba melindungi rumah warga Palestina di Gaza dari pembongkaran.

Aaron Bushnell (25) tahun adalah anggota aktif Angkatan Udara AS ketika dia membakar dirinya sendiri di depan Kedutaan Israel di Washington DC pada hari Minggu untuk memprotes perang brutal Israel di Gaza. Invasi Israel telah memakan korban lebih dari 29.000 orang sejak 7 Oktober 2023.

“Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida,” kata Bushnell dalam video yang disiarkan langsung saat dia melakukan aksi bakar diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)