Iran Kirim 400 Rudal Balistik ke Rusia di Tengah Perang Ukraina

Kamis, 22 Februari 2024 - 07:47 WIB
loading...
Iran Kirim 400 Rudal Balistik ke Rusia di Tengah Perang Ukraina
Iran telah mengirim sekitar 400 rudal balistik ke Rusia di tengah perangnya melawan Ukraina. Foto/WANA via REUTERS
A A A
MOSKOW - Iran dilaporkan telah mengirim sekitar 400 rudal balistik yang kuat ke Rusia di tengah perang Moskow melawan Ukraina.

Hal itu diungkap enam sumber kepada Reuters. Jika terkonfirmasi, langkah itu telah memperdalam kerja sama militer antara kedua negara yang dikenai sanksi Amerika Serikat (AS).

Tiga sumber Iran mengatakan Teheran telah menyediakan sekitar 400 rudal yang mencakup sebagian besar misil balistik jarak pendek Fateh-110.

Menurut para pakar, misil yang dapat bergerak di jalan raya ini mampu menyerang target pada jarak antara 300 hingga 700 km.



Kementerian Pertahanan Iran dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC)—pasukan elite yang mengawasi program rudal balistik Iran—menolak berkomentar. Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yuri Ignat mengatakan tidak ada informasi resmi mengenai Iran yang memasok ratusan rudal balistik ke Rusia.

“Sejauh ini sumber resmi kami belum mengetahui informasi penerimaan rudal, apalagi dalam jumlah besar,” katanya di stasiun televisi nasional Ukraina, Kamis (22/2/2024).

Salah satu sumber Iran mengatakan pengiriman tersebut dimulai pada awal Januari setelah kesepakatan diselesaikan dalam pertemuan akhir tahun lalu antara pejabat militer dan keamanan kedua negara yang berlangsung di Teheran dan Moskow.

Seorang pejabat militer Iran—yang, seperti sumber lainnya, meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya informasi—mengatakan setidaknya ada empat pengiriman rudal dan akan lebih banyak lagi dalam beberapa minggu mendatang. Dia menolak memberikan rincian lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)