Angkatan Laut Iran Terima 2 Kapal Perang Siluman Baru, Ini Keunggulannya

Rabu, 21 Februari 2024 - 09:18 WIB
loading...
Angkatan Laut Iran Terima 2 Kapal Perang Siluman Baru, Ini Keunggulannya
Angkatan Laut Iran terima dua korvet kelas Soleimani baru, yakni kapal Sayyad Shirazi dan Hassan Bagheri. Foto/X/@PressTV
A A A
TEHERAN - Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam menerima pengiriman dua korvet kelas Soleimani baru, yakni kapal Sayyad Shirazi dan Hassan Bagheri.

Penyerahan kapal perang itu diresmikan pada upacara di kota pelabuhan selatan Bandar Abbas pada Senin (19/2/2024).



Kapal perang kelas baru yang unik ini dinamai berdasarkan nama Komandan Pasukan Quds IRGC yang gugur dibunuh drone Amerika Serikat (AS), Qasem Soleimani.

2 kapal itu merupakan salah satu desain kapal militer paling canggih di gudang senjata Iran, menampilkan desain lambung yang unik dan sulit diamati.

Kapal itu dilengkapi dengan beberapa teknologi radar, sensor dan senjata terbaru Iran.

Kapal baru ini memiliki panjang 65 meter, memiliki bobot perpindahan 600 ton dan ditenagai oleh empat mesin diesel buatan Iran yang memungkinkan kapal tersebut melaju hingga kecepatan hingga 32 knot.

Kapal-kapal tersebut dapat tetap berada di laut terus menerus hingga 14 hari, memiliki jangkauan 2.000 mil laut, dan mampu beroperasi dalam kondisi laut sedang hingga kasar.

Di atas kapal, kapal-kapal tersebut dilengkapi dengan sistem rudal dan pertahanan udara, termasuk sistem peluncuran vertikal Navvab baru Iran untuk rudal, empat senjata Gatling laras tiga kaliber 20 mm, autocannon 30 mm, 16 SAM seri Sayyad, dan enam rudal jelajah angkatan laut Abu-Mahdi.

Kapal-kapal tersebut dapat membawa helikopter tempur dan tiga perahu serang cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)