Makin Lengket, Putin Berikan Hadiah Mobil Mewah ke Kim Jong-un

Selasa, 20 Februari 2024 - 09:40 WIB
loading...
Makin Lengket, Putin Berikan Hadiah Mobil Mewah ke Kim Jong-un
Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan hadiah mobil mewah kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan hadiah mobil mewah kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Langkah pemimpin Kremlin itu berpotensi menjadi pelanggaran terhadap sanksi PBB, di mana Moskow ikut mengadopsi sanksi tersebut.

Media pemerintah Korut, KCNA, pada Selasa (20/2/2024) melaporkan bahwa Kim Jong-un telah menerima hadiah tersebut. Mobil mewah tersebut, yang merupakan buatan Rusia, diberikan untuk penggunaan pribadi Kim.

Kedua negara telah menjalin hubungan yang lebih erat sejak pertemuan Kim dan Putin pada bulan September lalu.

Kedua pihak juga berjanji untuk mendorong pertukaran di semua bidang ketika isolasi internasional mereka semakin dalam akibat perang Rusia di Ukraina dan pengembangan senjata nuklir Korea Utara.

Menurut laporan KCNA, mobil mewah buatan Rusia dikirim ke para ajudan utama Kim Jong-un oleh pihak Rusia pada 18 Februari.

"Adik perempuan Kim dengan sopan menyampaikan rasa terima kasih Kim Jong-un kepada Putin, kepada pihak Rusia, dengan mengatakan bahwa hadiah tersebut berfungsi sebagai demonstrasi yang jelas dari hubungan pribadi khusus antara para pemimpin tertinggi,” tulis KCNA, yang dilansir Reuters.

Laporan tersebut tidak menjelaskan bagaimana mobil tersebut dikirim dari Rusia.

Kim Jong-un diyakini sebagai penggemar berat otomotif dan memiliki banyak koleksi kendaraan mewah asing yang diyakini diselundupkan.

Pada bulan September, saat mengunjungi stasiun peluncuran luar angkasa Rusia di timur jauh, Kim Jong-un memeriksa limusin kepresidenan Putin, Aurus Senat, dan diundang oleh pemimpin Rusia tersebut untuk duduk di kursi belakang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)