Rusia Nyatakan Siap Bahas Pertemuan Lanjutan Putin-Trump

Jum'at, 20 Juli 2018 - 18:29 WIB
Rusia Nyatakan Siap Bahas Pertemuan Lanjutan Putin-Trump
Rusia Nyatakan Siap Bahas Pertemuan Lanjutan Putin-Trump
A A A
WASHINGTON - Rusia menyatakan kesiapan untuk melakukan pembicaraan terkait rencana pertemuan lanjutan antara Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Ini adalah respon atas undangan Gedung Putih bagi Putin untuk menyambangi AS.

"Kami siap untuk membahas usulan pertemuan baru antara Vladimir Putin dan Donald Trump," kata Duta Besar Rusia untuk AS, Anatoly Antonov, seperti dilansir Reuters pada Jumat (20/7).

Antonov kemudian mengatakan, Putin membuat proposal konkret kepada Trump tentang menyelesaikan konflik di timur Ukraina. Dia mengatakan akan lebih baik untuk mengatur pertemuan antara Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu dan Menteri Pertahanan AS, James Mattis, sebelum pertemuan Putin dan Trump berikutnya.

Sebelumnya diwartakan, Gedung Putih menyatakan Trump, telah meminta pemerintahannya untuk secara resmi mengundang Putin untuk mengunjungi Washington akhir tahun ini.

Sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders mengatakan Trump meminta penasihat keamanan nasionalnya, John Bolton, untuk memperpanjang undangan untuk Putin guna dialog tingkat kerja antara kedua pemimpin.

Undangan itu datang di tengah gejolak pasca pertemuan tingkat tinggi kontroversial Trump dengan Putin di Helsinki.

Trump dikritik Partai Demokrat dan Republik karena berpihak pada Kremlin atas penilaian intelijen AS mengenai apakah Rusia ikut campur dalam pemilihan presiden 2016. Trump butuh beberapa upaya untuk memperbaiki komentarnya, memperkuat kejatuhan dari penampilan bersama dengan Putin.

Namun, Trump tidak terpengaruh oleh serangan balik tersebut, menganggap pertemuan itu "sukses besar" dan mengatakan dia menantikan pertemuan kedua dengan Putin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5287 seconds (0.1#10.140)