Beijing: Tidak Ada Negara yang Bisa Melemahkan Kepentingan China

Sabtu, 14 Juli 2018 - 14:46 WIB
Beijing: Tidak Ada Negara yang Bisa Melemahkan Kepentingan China
Beijing: Tidak Ada Negara yang Bisa Melemahkan Kepentingan China
A A A
BEIJING - Kepala komisi urusan luar negeri Partai Komunis China memperingatkan Amerika Serikat (AS). Beijing akan membela kepentingan utamanya meskipun postur politiknya adalah perdamaian.

"China mendukung pembangunan damai," kata Yang Jiechi di World Peace Forum di Beijing.

"Kami akan terus menganggap kepentingan inti kami sebagai garis merah yang tidak boleh disilangkan," imbuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (14/7/2018).

Ia berjanji bahwa China tidak akan pernah mencari dominasi global tetapi menekankan bahwa tidak ada negara yang harus berada di bawah ilusi bahwa itu dapat merusak kepentingan Cina sesuka hati.

Hubungan antara China dan Amerika Serikat memburuk tahun ini setelah Washington mengumumkan tarif yang sangat besar pada impor Cina. Kebijakan ini sebagai pembalasan atas apa yang dilihat Washington sebagai praktik perdagangan yang tidak adil. Beijing telah berulang kali memperingatkan diperlukan semua tindakan pencegahan untuk melindungi dirinya.

Pada hari Rabu, kementerian perdagangan Cina mengumumkan bahwa mereka terkejut oleh tindakan perdagangan Washington dan berjanji untuk menanggapi jika AS memberlakukan tarif lebih pada barang-barang Cina, seperti yang diumumkan Trump sebelumnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)