Indonesia Gelar Pemilu Sehari Terbesar di Dunia Besok, Ini yang Disorot Media Asing

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:05 WIB
loading...
Indonesia Gelar Pemilu Sehari Terbesar di Dunia Besok, Ini yang Disorot Media Asing
Media asing ramai-ramai soroti pemilu Indonesia yang akan digelar Rabu (14/2/2024) besok. Itu akan jadi pemilu sehari terbesar di dunia. Foto/SINDOnews.com
A A A
JAKARTA - Indonesia menggelar pemilihan umum (pemilu) pada Rabu (14/2/2024) besok, yang akan menjadi pemilu sehari terbesar di dunia.

Sejumlah media asing menyoroti pesta demokrasi ini, termasuk terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena putranya; Gibran Rakabuming Raka, menjadi kontestan sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Indonesia in final stretch ahead of world's biggest single-day election [Indonesia dalam tahap terakhir menjelang pemilu satu hari terbesar di dunia]," bunyi judul laporan media Amerika Serikat; Reuters.

Lebih dari 200 juta pemilih akan memilih presiden dan wakil presiden beserta anggota Parlemen—dari tingkat daerah maupun pusat.



Sekitar 25.000 polisi akan dikerahkan untuk menjamin keamanan pelaksanaan pemungutan suara—yang dipandang sebagai ujian kemajuan demokrasi yang dicapai sejak berakhirnya pemerintahan otoriter 25 tahun lalu.

Masa jabatan Presiden Jokowi akan segera berakhir. Namun, menurut laporan Reuters, menjelang menjelang pemilihan presiden, dia menghadapi kritik atas dugaan campur tangan politiknya dan dorongan untuk mendirikan dinasti politik.

Jokowi tidak secara eksplisit mendukung salah satu dari ketiga kandidat presiden—Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo—, namun dia telah tampil secara luas bersama Prabowo dan pasangannya; Gibran.

Menyelenggarakan pemilu adalah tugas besar di Indonesia. Negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau ini membentang di tiga zona waktu dan jaraknya serupa dengan wilayah Amerika Serikat.

Para petugas pemilu telah mengirimkan kotak suara dan surat-surat ke daerah-daerah yang jauh, dalam beberapa kasus harus menempuh perjalanan berjam-jam dengan perahu, helikopter, atau pun moda yang ditarik sapi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)